Ufairah, Jihan Zia (2025) Pengembangan modul ajar termokimia berbasis process oriented guided inquiry learning (POGIL) berkonteks socio scientific issues (SSI) untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan berpikir kritis siswa / Jihan Zia \'Ufairah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya literasi kimia dan kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia sebagaimana terlihat dalam hasil PISA 2022 dan berbagai penelitian lainnya disebabkan oleh pembelajaran yang monoton serta bahan ajar yang tidak kontekstual. Bahan ajar seharusnya berperan penting dalam menghubungkan konsep dengan penerapannya. Sehingga model pembelajaran POGIL menjadi solusi yang relevan terlebih jika dikaitkan dengan isu-isu sosial (SSI) yang kontroversial. Menggabungkan POGIL dengan pendekatan SSI dalam bentuk modul ajar diharapkan dapat membuat pembelajaran kimia menjadi lebih hidup kontekstual dan bermakna. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Modul ajar yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli yang terdiri dari ahli materi ahli bahan ajar dan ahli pembelajaran serta diuji keterbacaannya oleh siswa. Selanjutnya diimplementasikan kepada siswa SMA Kelas XI untuk menguji efektivitas modul ajar tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis POGIL-SSI valid dan efektif digunakan. Terbukti dari peningkatan signifikan pada kemampuan literasi kimia dan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Pendekatan ini mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran menumbuhkan rasa ingin tahu dan membiasakan pengambilan keputusan berdasarkan bukti ilmiah. Dengan demikian penerapan modul ajar berbasis POGIL-SSI secara langsung berkontribusi dalam meningkatkan literasi kimia dan kemampuan berpikir kritis siswa yang keduanya merupakan keterampilan penting dalam menghadapi tantangan abad ke-21.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/391204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |