Pengaruh cara belajar siswa dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang / Hevy Anggun Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh cara belajar siswa dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang / Hevy Anggun Kartika

Kartika, Hevy Anggun (2012) Pengaruh cara belajar siswa dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang / Hevy Anggun Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci cara belajar pemanfaatan media berbasis internet hasil belajar Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi faktor kesehatan psikologis motivasi tanggung jawab dan kelelahan serta faktor eksternal yaitu faktor keluarga sekolah dan masyarakat. Adapun faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor internal dan eksternal yaitu cara belajar siswa dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet. Cara belajar Siswa disini sangat berkaitan erat dengan kegiatan siswa dalam mengatur jadwal belajarnya yaitu bagaimana siswa merencanakan jadwal belajarnya menentukan jadwal belajar untuk setiap harinya. pada saat siswa mengikuti pelajaran di sekolah serta fasilitas belajar yang dimiliki dan digunakan oleh siswa juga sangat mempengaruhi hasil belajarnya. Selain itu pemanfaatan media pembelajaran yamg meliputi media audio visual maupun audio visual juga sangat mempengaruhi hasil belajar. Salah satu media visual yang sering digunakan siswa yaitu internet. pemanfaatan internet dengan baik akan sangat membantu siswa dalam mencapai tujuan belajarnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan antara cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 4 Malang pada mata pelajaran ekonomi. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Malang pada mata pelajaran ekonomi. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara cara belajar siswa dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Malang pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 256 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh 157 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan teknis analisis regresi linear berganda. Variabel penelitian antara lain cara belajar siswa (X1) pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet (X2) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner observasi lapangan dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang memiliki cara belajar sangat baik sebesar 50 31% baik sebesar 36 31% cukup baik sebesar 1 28% kurang baik sebesar 7 01% dan tidak baik sebesar 5 1% . (2) siswa yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet dengan sangat baik sebesar 25 5% baik sebesar 34 4% cukup baik sebesar 17 8% kurang baik sebesar ii 17 2% dan tidak baik sebesar 5 1%. (3) hasil belajar siswa klasifikasi sangat baik sebesar 3 82% baik sebesar 92 4% dan cukup baik sebesar 3 82%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa (1) pengaruh cara belajar siswa (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05. (2) pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05. (3) Pengaruh cara belajar dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Cara belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 4 Malang. (2) Pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 4 Malang. (3) Cara belajar siswa dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Malang. (4) Cara belajar siswa lebih dominan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa daripada pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet. Saran yang diajukan adalah (1) bagi guru ekonomi diharapkan agar terus memantau cara belajar siswa baik dalam ringkasan maupun tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa serta selalu menyarankan kepada siswa agar dapat memanfaatkan media internet dengan sebaik-baiknya. (2) Bagi SMP Negeri 4 Malang diharapkan selalu memperhatikan kebutuhan siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Terutama media pembelajaran yang sering dimanfaatkan oleh siswa agar dapat meningkatkan cara belajarnya. (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya meneliti variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar diluar variabel cara belajar siswa dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet. Selain itu apabila peneliti selanjutnya ingin meneliti hal yang sama diharapkan dapat menyempurnakan dan menambahkan hal-hal yang masih kurang dari penelitian ini dengan cara menambahkan kajian teori sub variabel dan indikator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39120

Actions (login required)

View Item View Item