Aji, Prasetyo Budi (2018) Pengaruh supervisi pengajaran pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa praktikan profesi guru Universitas Negeri Malang / Prasetyo Budi Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Aji Prasetyo Budi. 2018. Pengaruh Supervisi Pengajaran Pamong Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktikan Profesi Guru Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Dr. Bambang Setyadin M.Pd. Kata kunci guru pamong mahasiswa praktikan kemampuan mengajar. Pendidikan merupakan proses dalam mengembangkan potensi diri individu dengan menentukan tujuan yang akan dicapai. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sekaligus sebagai pengembangan diri yang menjadikan pribadi menjadi lebih baik. Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ialah melalui proses pembelajaran di sekolah. Salah satu masalah yang terbesar dalam pendidikan calon guru adalah secara praktek di lapangan kegiatan mengajar mahasiswa praktikan dirasa masih belum memahami keadaan dan situasi dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Mahasiswa praktikan diduga perlu adanya supervisi pengajaran dari guru pamong untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa praktikan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu (1) menjelaskan aktivitas supervisi pengajaran dari guru pamong kepada para mahasiswa praktikan profesi guru (2) mendeskripsikan kemampuan mengajar awal dan akhir mahasiswa praktikan profesi guru Universitas Negeri Malang (3) menemukan pengaruh supervisi pengajaran dengan kemampuan mengajar mahasiswa praktikan profesi guru Universitas Negeri Malang Penelitian ini menggunakan model Quasi-Experiment dengan pendekatan deskriptif komparasi karena bermaksud untuk mengetahui seberapa besar pengaruh supervisi pengajaran Guru Pamong dari kegiatan sebelum dan sesudah bimbingan mahasiswa praktikan profesi guru Universitas Negeri Malang. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu kemampuan mengajar praktikan sebelum adanya bimbingan dari Guru Pamong (Y1) dengan kemampuan mengajar praktikan setelah adanya bimbingan dari Guru Pamong (Y2). Pengaruh dua variabel tersebut dapat digambarkan dengan desain Before-After With Single Group Design. Subjek peneiltian ini adalah mahasiswa praktikan yang mengikuti program PPG (Pendidikan Profesi Guru) Program Studi PTB (Pendidikan Teknik Bangunan) UM 2018 berjumlah 23 peserta yang terbagi ke dalam 2 sekolah mitra. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kegiatan supervisi pengajaran berupa bimbingan dari Guru Pamong kepada mahasiswa praktikan dilakukan pada proses tahapan antara lain (1) tahapan pertemuan awal (2) tahap observasi mengajar dan (3) tahap pertemuan akhir. Dijelaskan bahwa pelaksanaan supervisi pengajaran dari Guru Pamong dilakukan secara berulang-ulang dilihat vi dari hasil kemampuan mengajar mahasiswa praktikan di awal dikategorikan sedang (57%) sebanyak 13 mahasiswa praktikan dan kategori tinggi (43%) sebanyak 10 mahasiswa praktikan dan kategori rendah 0 (0%). Sedangkan dari hasil kemampuan mengajar mahasiswa praktikan setelah ada bimbingan dari Guru Pamong sebanyak 23 mahasiswa praktikan menunjukan dikategorikan tinggi (100%). Kemudian dari hasil analisis data statistik dengan teknik uji t diperoleh koefisien t -5 817 dengan Signifikansi (p) 0 000 945 0 05. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan mengajar mahasiswa praktikan sebelum dan sesudah dibimbing Guru Pamong. Kemampuan mengajar setelah dibimbing cenderung lebih tinggi daripada kemampuan mengajar mereka sebelum dibimbing. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) kegiatan supervisi pengajaran berupa bimbingan yang dilakukan Guru Pamong kepada mahasiswa praktikan melalui pelaksanaan lesson study dengan proses tahapan dari kegiatan pertemuan awal kegiatan observasi kelas dan kegiatan akhir (refleksi) (2) tingkat kemampuan mengajar mahasiswa praktikan sebelum adanya bimbingan dari kegiatan supervisi pengajaran Guru Pamong berada dalam kategori sedang yang berbeda dengan tingkat kemampuan mengajar mahasiswa praktikan sesudah adanya bimbingan dari kegiatan supervisi Guru Pamong berada dalam kategori tinggi (3) terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan supervisi pengajaran Guru Pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa praktikan dari nilai sebelum dan sesudah adanya bimbingan diperoleh koefisien t -5 187 dengan Signifikansi (p) 0 000 945 0 05. Penelitian ini memiliki implikasi sebagai berikut (1) perlu adanya rutinitas yang terjadwal dari kegiatan bimbingan Guru Pamong (2) perlu ada bantuan untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya (3) perlu ada program Pendidikan Profesi Guru dan perlu ada pengembangan program mutu kinerja mengajar yang lebih baik. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) Guru Pamong sebaiknya melakukan bimbingan yang terjadwal dengan intensif karena berpengaruh pada peningkatan kemampuan mengajar mahasiswa praktikan (calon guru) (2) Calon guru (mahasiswa praktikan) seharusnya ikut dalam program pengembangan pembelajaran karena bertujuan untuk meningkatkan kemampuannya mengajar yang dikatakan profesional (3) Pengelola Program PPG seharusnya terus mengembangkan program peningkatan mutu kinerja mengajar agar dapat menghasilkan tenaga-tenaga pendidik yang profesional (4) Peneliti lain hendaknya mengembangkan dan menyempurnakan penelitian yang berhubungan dengan supervisi pengajaran dengan sudut pandang atau variabel yang belum diteliti dan (5) Para akademisi seharusnya perlu untuk terus menyebarluaskan pembimbingan praktek mengajar dengan kegiatan supervisi pengajaran agar dapat meningkatkan kualitas kemampuan mengajar pratikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3912 |
Actions (login required)
View Item |