Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida statis di SMA dalam model pembelajaran problem based learning berbantuan web google sites / Ristanti Mulia Indraloka</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida statis di SMA dalam model pembelajaran problem based learning berbantuan web google sites / Ristanti Mulia Indraloka</p>

Indraloka, Ristanti Mulia (2025) Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida statis di SMA dalam model pembelajaran problem based learning berbantuan web google sites / Ristanti Mulia Indraloka</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fluida statis adalah konsep penting dalam fisika yang menjadi topik mendasar dengan tingkat kompleksitas tinggi. Beberapa penelitian mengungkapkan masih adanya miskonsepsi dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada subbab tekanan hidrostatis hukum Pascal dan Hukum Archimedes. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan web Google Sites. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbedaan dan efektivitas penguasaan konsep serta kemampuan pemecahan masalah fluida statis antara siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berbantuan web Google Sites dan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah sequential explanatory dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan pada siswa SMA kelas XI MIPA melibatkan kelas kontrol dan eksperimen (masing-masing 35 siswa). Data berupa hasil tes dan wawancara. Tes berupa 10 soal pilihan ganda (penguasaan konsep) dan 4 soal uraian (kemampuan pemecahan masalah). Jawaban siswa dianalisis menggunakan independent sample t-test uji mann withey dan N-Gain. Hasil wawancara dianalisis dengan reduksi data pengkodean sebaran data cross tabulation interpretasi data penarikan kesimpulan Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep antara kelas eksperimen dan kontrol pada materi fluida statis dengan nilai sig. (2-tailed) pada uji Mann-Whitney sebesar 0 000 menunjukkan perbedaan signifikan. Terdapat pula perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kontrol ditunjukkan oleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0 000. Pembelajaran PBL berbantuan Google Sites efektif meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0 77 (kategori tinggi). Hasil ini diperkuat dengan hasil wawancara yang menunjukkan sebagian besar miskonsepsi teratasi dan siswa dapat mendeskripsikan tekanan hidrostatis hukum Pascal hukum Archimedes dengan baik. Tahapan orientasi masalah otentik berbantuan google site dan proses diskusi penyelidikan menjadi sintaks yang paling berkontribusi dalam peningkatan penguasaan konsep. Pembelajaran ini juga efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan N-Gain sebesar 0 78 (kategori tinggi) dengan tahapan Useful description pada posttest menjadi tahapan paling tinggi dibandingkan tahapan lain. Hal ini menunjukkan model problem-based learning berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/391188

Actions (login required)

View Item View Item