Dampak peminatan terhadap pemahaman konsep dan kemampuan representasi siswa melalui learning cycle 5E berbasis multi representasi pada kinematika gerak lurus / Magfira Cindy Dianningrum</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak peminatan terhadap pemahaman konsep dan kemampuan representasi siswa melalui learning cycle 5E berbasis multi representasi pada kinematika gerak lurus / Magfira Cindy Dianningrum</p>

Dianningrum, Magfira Cindy (2024) Dampak peminatan terhadap pemahaman konsep dan kemampuan representasi siswa melalui learning cycle 5E berbasis multi representasi pada kinematika gerak lurus / Magfira Cindy Dianningrum</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinematika merupakan cabang fisika yang menjadi dasar untuk mempelajari konsep-konsep fisika selanjutnya. Namun hingga saat ini masih banyak penelitian yang menyatakan bahwa siswa kesulitan memahami konsep-konsep kecepatan kelajuan dan percepatan. Dalam kinematika dijumpai berbagai jenis representasi seperti tabel grafik persamaan matematis dan diagram gerak. Meski demikian tidak banyak praktik yang menggunakan berbagai representasi dalam pembelajaran sehingga temuan-temuan menyebutkan siswa kesulitan memahami representasi seperti membuat grafik. Padahal multi representasi terbukti memiliki potensi yang besar dalam mendukung pembelajaran fisika. Meski telah banyak penelitian yang memfokuskan peran multi representasi terhadap pemahaman konsep namun masih sedikit penelitian yang bertujuan mencapai dua hal sekaligus yaitu pemahaman konsep dan kemampuan representasi. Implementasi pembelajaran fisika pada Kurikulum Merdeka masih jarang ditemui sehingga belum ada penelitian yang mengkaji dampak peminatan terhadap kecakapan tertentu dalam pembelajaran fisika. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan representasi siswa setelah diimplementasikan learning cycle 5E berbasis multi representasi di tiga kelas peminatan berbeda (Mechanical 1 Mechanical 2 dan Medical Science 2) pada materi kinematika gerak lurus serta mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan kedua kecakapan tersebut di ketiga kelas peminatan. Studi empiris menunjukkan bahwa learning cycle 5E dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan keterampilan khusus tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian pretest-posttest design yang dilakukan pada 96 siswa SMA Negeri 8 Malang. Data diperoleh dari tes pemahaman konsep dan kemampuan representasi lembar observasi dan hasil asesmen diagnostik kognitif serta non kognitif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep siswa berupa 17 butir soal pilihan ganda beralasan pemahaman konsep kinematika gerak lurus sedangkan untuk mengukur kemampuan representasi menggunakan lima butir soal esai. Analisis yang dilakukan meliputi uji t dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan representasi siswa secara statistik di semua kelas peminatan setelah diberikan perlakuan learning cycle 5E berbasis multi representasi. Selain itu didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan tidak ada perbedaan peningkatan kemampuan representasi siswa. Perbedaan peningkatan pemahaman konsep tersebut terdapat pada XI Mechanical 1 dan XI Mechanical 2. Kategori peningkatan pemahaman konsep siswa bervariasi yaitu tinggi (XI Mechanical 1) dan medium atas (XI Medical Science 2 dan XI Mechanical 2). Begitu pula kemampuan representasi siswa peningkatannya berada pada kategori tinggi (XI Mechanical 1) dan medium atas (XI Mechanical 2 dan Medical Science 2). Terlihat bahwa peminatan XI Mechanical 1 berada pada kategori paling tinggi dibanding peminatan lainnya pada dua kecakapan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/391186

Actions (login required)

View Item View Item