Salmah, Ummi (2025) Implementasi pembelajaran PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa SMA pada materi listrik arus searah / Ummi Salmah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) mencakup keterampilan menganalisis mengevaluasi dan mencipta yang sangat penting dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Di sisi lain motivasi belajar merupakan faktor internal yang berperan besar dalam mendorong siswa untuk mencapai keberhasilan akademik secara mandiri dan berkelanjutan. Keduanya menjadi indikator penting dalam keberhasilan proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Fisika yang menuntut pemahaman konsep secara mendalam dan aplikatif. Namun pada praktiknya pembelajaran Fisika di sekolah masih cenderung berpusat pada guru dan berfokus pada hafalan konsep sehingga belum mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa secara optimal. Oleh karena itu penelitian ini menerapkan model Project-Based Learning yang terintegrasi dengan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics atau dikenal sebagai PjBL-STEM. Pendekatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual kolaboratif dan bermakna melalui pelaksanaan proyek yang menggabungkan konsep lintas disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan serta efektivitas pembelajaran PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa SMA pada materi Listrik Arus Searah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan metode mixed methods research dengan desain sequential explanatory yakni pendekatan kuantitatif yang didukung data kualitatif. Penelitian dilakukan di salah satu SMA di Provinsi Riau dengan melibatkan 71 siswa kelas XII yang terbagi dalam dua kelas kelas eksperimen (XII F5) sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol (XII F4) 36 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi tes HOTS berupa 10 soal multiple choice two-tier untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi serta angket motivasi belajar sebanyak 33 butir pernyataan menggunakan skala Likert 1 ndash 4. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial meliputi uji prasyarat uji Independent Sample t-test uji Mann-Whitney dan uji peningkatan melalui perhitungan N-Gain. Untuk memperkuat hasil kuantitatif dilakukan wawancara terhadap beberapa siswa dari kelas eksperimen. Data kualitatif dianalisis melalui tahap reduksi data pengkodean dan interpretasi. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kemampuan berpikir tingkat tinggi uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) yang lebih kecil dari 0 05 yang menunjukkan perbedaan signifikan. Hal serupa juga terjadi pada motivasi belajar dengan nilai signifikansi yang juga lebih kecil daro 0 05. Nilai N-Gain untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas eksperimen adalah 0 4881 yang termasuk dalam kategori sedang sedangkan untuk motivasi belajar sebesar 0 4056 yang juga berada pada kategori sedang. Data deskriptif menunjukkan bahwa secara umum siswa dalam kelas eksperimen berada pada kategori ldquo Baik rdquo dalam aspek HOTS maupun motivasi belajar. Hasil wawancara memperkuat temuan ini di mana siswa menyatakan bahwa pembelajaran PjBL-STEM mempermudah pemahaman konsep melalui kegiatan research discovery dan application. Mereka merasa lebih termotivasi karena guru memberikan penjelasan secara rinci menggunakan media visual seperti gambar diagram dan simulasi interaktif serta melibatkan mereka dalam proyek nyata seperti membuat instalasi listrik rumah sederhana. Proses ini membantu siswa mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/391180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |