Fatmawati (2025) Pengaruh model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) berbasis pendekatan steam terintegrasi digital mind mapping terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains fisika siswa pada materi fluida statis / Fatmawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penguasaan konsep dan keterampilan umum sains dianggap sebagai fondasi penting dalam sains pendidikan khususnya dalam konteks pembelajaran fisika. Keduanya menjadi tujuan utama dalam pengembangan pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap konsep fisika. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan keterampilan umum sains seringkali kurang optimal pada siswa terutama pada topik fluida statistik. Ketidakmampuan siswa dalam menerapkan kedua kemampuan ini sering kali menghambat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah fisika yang berkaitan dengan topik tersebut. Sebagai respon terhadap tantangan ini berbagai upaya telah dilakukan seperti merancang model pembelajaran berdasarkan penemuan dan berbasis proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh model SSCS berbasis pendekatan STEAM terintegrasi digital mind map terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan umum sains siswa pada materi fluida statistik. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain embedded experimental model melibatkan desain eksperimen quasi experiment pretest and posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari siswa fase F MAN 2 Malang dan SMAN 8 Malang masing-masing 60 siswa. Perlakuan untuk kelas eksperimen menggunakan model SSCS berbasis pendekatan STEAM terinetgrasi Digital Mind Mapping sementara kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian mencakup alur tujuan pembelajaran modul ajar lembar kerja siswa sebagai insrumen pembelajaran serta 6 soal essay untuk mengukur penguasaan konsep ( 0 63) dan 5 soal essay untuk mengukur keterampilan generik sains ( 0 86) sebagai instrumen pengukuran. Analisis statistik kuantitaif menggunakan independet samples t-test untuk menilai pengaruh pembelajaran N-Gain untuk mengukur peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains serta Cohen rsquo s d-effect size untuk mengevaluasi dampak pembelajaran. Analisis kualitatif melibatkan wawancara semi-terstruktur dan pengamatan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SSCS berbasis pendekatan STEAM terintegrasi digital mind mapping memberikan dampak positif terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains siswa dengan N-Gain masing-masing sebesar 0 75 dan 0 71 yang berada pada kategori tinggi. Hal ini diperkuat oleh nilai Cohen rsquo s d-effect size yang tinggi yaitu 4 4 dan 4 5. Secara keseluruhan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains siswa meningkat secara signifikan terbukti dengan nilai signifikansi uji independent sample t-test lt 0 05 pada keduanya. Keberhasilan peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains siswa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Temuan kuantitatif didukung oleh hasil kualitatif melalui wawancara siswa dimana mereka mampu menjelaskan dengan baik apa yang telah mereka tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mampu menerapkan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/391173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |