Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan scientific explanation skills melalui model problem based learning berbantuan simulasi phet pada materi fluida dinamis di SMA Negeri 1 Tumpang / Novaliza Nailunada</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan scientific explanation skills melalui model problem based learning berbantuan simulasi phet pada materi fluida dinamis di SMA Negeri 1 Tumpang / Novaliza Nailunada</p>

Nailunada, Novaliza (2025) Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan scientific explanation skills melalui model problem based learning berbantuan simulasi phet pada materi fluida dinamis di SMA Negeri 1 Tumpang / Novaliza Nailunada</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan scientific explanation skills siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan simulasi PhET pada materi fluida dinamis di SMA Negeri 1 Tumpang. Latar belakang penelitian didasari oleh tantangan pembelajaran fisika yang sering dianggap abstrak oleh siswa terutama pada topik Fluida Dinamis sehingga memerlukan pendekatan inovatif untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan ilmiah. Kemampuan pemecahan masalah dan scientific explanation skills dipilih sebagai fokus karena keduanya merupakan kompetensi kritis dalam sains namun masih rendah pada siswa SMA. Penelitian ini menguji efektivitas kombinasi PBL yang mendorong pembelajaran berbasis masalahdengan simulasi PhET sebagai media interaktif untuk memvisualisasikan konsep fisika secara dinamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran dengan desain explanatory yang melibatkan 58 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tumpang. Teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji paired sample t-test perhitungan N-Gain sedangkan data kualitatif dianalisis melalui proses pengumpulan reduksi pengkodean hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan bahwa model PBL berbantuan simulasi PhET dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan scientific explanation skills siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Selain itu respons positif dari siswa terhadap penggunaan simulasi PhET juga diharapkan menjadi indikator bahwa pendekatan ini tidak hanya efektif tetapi juga menarik bagi peserta didik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar pengajar menerapkan model PBL berbantuan simulasi PhET pada materi fisika yang bersifat abstrak disertai penggunaan rubrik Claim-Evidence-Reasoning (CER) secara konsisten dan latihan kontekstual berbasis fenomena sehari-hari. Pendekatan ini dapat meningkatkan keterampilan penjelasan ilmiah dan pemecahan masalah siswa secara lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/391172

Actions (login required)

View Item View Item