Pengembangan media pembelajaran materi kemagnetan berbasis augmented reality untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA / Nur Akhyar Basri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran materi kemagnetan berbasis augmented reality untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA / Nur Akhyar Basri</p>

Basri, Nur Akhyar (2025) Pengembangan media pembelajaran materi kemagnetan berbasis augmented reality untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA / Nur Akhyar Basri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi kemagnetan merupakan topik penting dalam pembelajaran fisika karena menjadi dasar dalam memahami berbagai fenomena dan aplikasi teknologi. Namun pemahaman siswa terhadap konsep ini khususnya konsep spasial seperti arah gaya Lorentz dan kaidah tangan kanan masih rendah. Beberapa penelitian telah menawarkan solusi dengan pendekatan visualisasi dan teknologi namun belum ada yang secara spesifik mengembangkan media pembelajaran untuk kaidah tangan kanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) yang mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa khususnya dalam materi gaya Lorentz dan penerapan kaidah tangan kanan secara spasial. Penelitian dan pengembangan digunakan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis AR pada materi kemagnetan pada penelitian ini. Dalam konteks ini pendekatan desain pengembangan ADDIE digunakan pada penelitian ini yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu Analyze Design Development Implementation Evaluation. Penelitian melibatkan 153 siswa dari SMA dua dosen ahli dan tiga guru fisika. Teknik analisis data meliputi analisis kuantitatif pada hasil tes siswa serta analisis kualitatif pada respon siswa. Pada penelitian dikembangkan media pembelajaran VisLorentz berbasis AR dirancang untuk membantu siswa memahami konsep kemagnetan khususnya arah medan magnet gaya Lorentz dan kaidah tangan kanan. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa VisLorentz memiliki tingkat kelayakan 86% dari segi materi dan 91% dari aspek media sementara hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa media ini mudah digunakan dan sesuai dengan konteks pembelajaran di kelas. Penggunaan media VisLorentz terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kemagnetan. Setelah mengikuti pembelajaran dengan bantuan media AR terjadi peningkatan skor pemahaman konsep secara signifikan. Materi dengan peningkatan paling tinggi terdapat pada subtopik gaya pada kawat berarus dalam medan magnet dan medan magnet yang dihasilkan oleh loop berarus. Hasil ini ditunjukan pada analisis N-Gain sebesar 0 581 yang berada pada kategori sedang. Visualisasi tiga dimensi dan interaksi langsung dalam aplikasi mendorong keterlibatan belajar yang lebih tinggi dan membantu mengatasi hambatan dalam memahami hubungan arah medan arus dan gaya. Dapat disimpulkan media VisLorentz mampu memberikan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep yang bersifat spasial dan abstrak.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Sep 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/391171

Actions (login required)

View Item View Item