Pengembangan formative feedback model interaktif-video untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis / Ivan Danar Aditya Irawan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan formative feedback model interaktif-video untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis / Ivan Danar Aditya Irawan</p>

Irawan, Ivan Danar Aditya (2025) Pengembangan formative feedback model interaktif-video untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis / Ivan Danar Aditya Irawan</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fluida statis merupakan materi penting dalam pembelajaran fisika namun pemahaman konsep peserta didik pada materi ini relatif rendah. Kurangnya keterlibatan peserta didik dan pemberian feedback dalam pembelajaran menjadi faktor yang mempengaruhi permasalahan ini. Selain itu implementasi formative feedback dalam pembelajaran juga menemui beragam tantangan salah satunya belum memperhatikan kebutuhan dan minat peserta didik secara individual. Penelitian ini bertujuan mengembangkan formative feedback model interaktif-video untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis. Model pengembangan 4D meliputi empat tahapan yaitu define design development dan disseminate. Tahapan define melibatkan 104 peserta didik dan 30 guru untuk mengidentifikasi minat dan kebutuhan mereka terhadap formative feedback. Satu guru fisika berpengalaman juga dilibatkan dalam proses wawancara untuk mengidentifikasi kesulitan peserta didik dalam mempelajari fluida statis. Pada tahap develop 128 peserta didik dilibatkan dalam uji kepraktisan dan 132 peserta didik melakukan uji coba penggunaan formative feedback. Tahap define dilakukan melalui analisis kebutuhan formative feedback menggunakan kuesioner wawancara guru menggunakan pedoman wawancara dan merumuskan tujuan. Tahapan design terdiri dari menentukan model feedback menyusun instrumen serta menyusun desain dan prototype. Tahap develop mengembangkan formative feedback secara keseluruhan uji validasi ahli materi dan media uji kepraktisan dan uji efektivitas. Instrumen tes terdiri dari 10 pertanyaan pilihan ganda digunakan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep peserta didik. Data diperoleh melalui pretest dan posttest dengan perlakuan implementasi formative feedback model interaktif-video. Analisis data dilakukan dengan membandingkan rata-rata pemahaman konsep peserta didik berdasarkan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan telah dikembangkan formative feedback model interaktif-video dalam konsep fluida statis dan memenuhi kriteria valid praktis serta efektif. Formative feedback model interaktif-video dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri pada materi fluida statis. peserta didik juga mengalami peningkatan pemahaman konsep setelah menggunakan formative feedback-model interaktif video. Formative feedback model interaktif video dilengkapi dengan tes diagnostik soal isomorfik dan soal benar-salah disertai feedback untuk memperbaiki pemahaman konsep. Peserta didik dapat mengakses formative feedback model interaktif-video dengan menggunakan komputer atau laptop tanpa terhubung dengan jaringan internet.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/391170

Actions (login required)

View Item View Item