Ate, Ogiarto (2025) Pengaruh model PjBL-STEAM berbantuan multi-representasi terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis / Ogiarto Ate</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis merupakan dua kompetensi esensial dalam pendidikan abad ke-21 khususnya dalam pembelajaran fisika. Kedua keterampilan ini menjadi dasar penting dalam membangun pemahaman konseptual dan kemampuan pemecahan masalah ilmiah. Namun berbagai studi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa masih tergolong rendah. Hal ini khususnya terlihat pada topik fluida statis yang memiliki karakteristik kompleks dan abstrak sehingga menyulitkan siswa dalam membangun pemahaman yang mendalam. Rendahnya capaian tersebut juga diperburuk oleh praktik pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan berfokus pada produk akhir serta penggunaan representasi yang kurang kontekstual. Untuk mengatasi masalah ini berbagai pendekatan telah diterapkan seperti inquiry dan problem-based learning. Meskipun demikian kedua model tersebut dinilai belum sepenuhnya mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dan pengembangan keterampilan secara menyeluruh. Model Project Based Learning (PjBL) hadir sebagai alternatif yang mampu memberikan pengalaman belajar berbasis proyek nyata sehingga lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari dan dapat menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Integrasi pendekatan STEAM dalam PjBL memperkuat dimensi lintas disiplin dan aplikatif pembelajaran fisika. Selain itu penggunaan multirepresentasi terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep serta keterampilan berpikir kritis dan proses sains. Namun penelitian yang secara khusus menggabungkan PjBL STEAM dan multirepresentasi masih terbatas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model PjBL-STEAM berbantuan multirepresentasi terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa pada materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain embedded experimental model melibatkan desain eksperimen quasi experiment - pretest and posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari siswa Fase F kelas XI A (kelas eksperimen) dan XI B (kelas kontrol) di SMAS Karanu Waikabubak Sumba Barat masing-masing 34 siswa. Perlakuan untuk kelas eksperimen menggunakan model PjBL-STEAM berbantuan Multirepresentasi sementara kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian mencakup alur tujuan pembelajaran modul ajar dan lembar kerja siswa sebagai instrumen pembelajaran serta 9 soal essay untuk mengukur keterampilan proses sains ( alpha 0 84) dan 5 soal essay untuk mengukur Kemampuan berpikir kritis ( alpha 0 87) sebagai instrumen pengukuran. Analisis statistik kuantitatif menggunakan independent samples t-test untuk menilai pengaruh pembelajaran N-Gain untuk mengukur peningkatan keterampilan siswa dan Cohen rsquo s d-effect size untuk mengevaluasi dampak pembelajaran. Analisis kualitatif melibatkan wawancara semi-terstruktur dan pengamatan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL-STEAM berbantuan Multirepresentasi memberikan dampak positif terhadap KPS dan KBK siswa. Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi fluida statis meningkat secara signifikan setelah diterapkan model PjBL-STEAM berbantuan multirepresentasi. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0 87 (kategori tinggi) dan Cohen rsquo s d sebesar 8 33 (kategori efek sangat besar). Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi p lt 0 05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model ini efektif dalam memperkuat berbagai keterampilan ilmiah seperti membuat hipotesis mengklasifikasikan melakukan eksperimen dan menginterpretasikan data melalui integrasi representasi verbal matematis dan visual. Kemampuan Berpikir Kritis (KBK) siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan melalui penerapan model PjBL-STEAM berbantuan multirepresentasi. Rata-rata N-Gain yang diperoleh sebesar 0 77 (kategori tinggi) dan Cohen rsquo s d sebesar 5 02 (kategori efek sangat besar). Hasil uji independent sample t-test juga menunjukkan p lt 0 05 mengindikasikan perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelas eksperimen dan kontrol. Model pembelajaran ini mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa pada indikator elementary clarification inference basic support dan strategy and tactics dengan keterlibatan aktif dalam eksplorasi konsep dan penyelesaian masalah lintas disiplin STEAM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/391169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |