Hubungan antara gaya belajar siswa dan lama waktu belajar siswa dirumah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi ( studi kasus kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang ) / Junik Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara gaya belajar siswa dan lama waktu belajar siswa dirumah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi ( studi kasus kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang ) / Junik Kurniawati

Kurniawati, Junik (2012) Hubungan antara gaya belajar siswa dan lama waktu belajar siswa dirumah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi ( studi kasus kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang ) / Junik Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Gaya belajar lama waktu belajar siswa dirumah hasil belajar Dunia pendidikan merupakan salah satu dunia yang menjadi pusat perhatian saat ini mulai dari kalangan atas sampai kalangan bawah. Hal itu dikarenakan pendidikan adalah elemen penting yang dapat menunjang pembangunan dan menentukan kemakmuran suatu negara. Banyak hal yang berhubungan dengan pendidikan misalnya kurikulum metode pembelajaran dan bahan ajar. Ketiga hal tersebut senantiasa diperbarui dan diperbaiki guna mendapatkan hasil belajar yang baik dari para siswa. Selain ketiga hal tersebut juga ada beberapa hal yang berhubungan dengan hasil belajar siswa yaitu gaya belajar dan lama waktu belajar siswa ketika berada dirumah. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil masalah pokok hubungan antara gaya belajar siswa dan lama waktu belajar siswa di rumah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Data dari penelitian ini diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa untuk variabel gaya belajar dan lama waktu belajar siswa dirumah sedangkan data hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi diperoleh dengan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada instrumen penelitian. Analisis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasional atau uji hipotesis. Hasil analisis korelasional atau uji hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Sifat korelasi yang positif berarti semakin baik siswa dalam memahami gaya belajarnya maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi juga semakin baik. Koefisien korelasi sebesar 0.936 menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel sangat kuat. Untuk variabel lama waktu belajar ditemukan ada hubungan yang positif antara lama waktu belajar siswa dirumah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang berarti semakin lama waktu belajar siswa maka hasil belajar siswa akan semakin baik pula. Koefisien korelasi sebesar 0.824 menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel sangat kuat. Saran yang dapat diberikan untuk SMA Negeri 2 Malang berdasarkan penelitian ini adalah sebaiknya sekolah mendukung pengadaan sarana prasarana untuk membantu siswa dalam memaksimalkan gaya belajar yang dimilikinya agar dapat mencapai hasil belajar yang maksimal serta membatasi kegiatan yang dapat mengganggu kegiatan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39114

Actions (login required)

View Item View Item