Retnosari, Vivi (2012) Penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan penggunaan media gambar sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X.10 SMAN 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto / Vivi Retnosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci TGT (Team Games Tournament) Media Gambar Prestasi Belajar Belajar atau pembelajaran merupakan kegiatan untuk mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Oleh karena peranan pembelajaran yang begitu vital maka menerapkan metode dan media pembelajaran yang efektif dan efisien merupakan suatu keharusan. Salah satu metode dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran TGT (Team Games Tornament) dan media gambar. Penelitian ini menggunakan kombinasi penggunaan model pembelajaran TGT (Team Games Tornament) dan media gambar. Model TGT mampu melatih keaktifan siswa dan menciptakan pembelajaran yang menarik agar siswa mau memperhatikan dan tidak mudah bosan dengan pembelajaran. Sedangkan media gambar mampu memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran dan mudah mengingat materi yang telah dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tornament) dengan penggunaan media gambar terhadap prestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang menggunakan pendekatan kualitatif. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yakni (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X.10 SMA Negeri 1 Mojosari yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi tes observasi catatan lapangan dan angket. Sedangkan analisis data dalam penelitian meliputi klasifikasi data penyajian dan penilaian keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tornament) dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model dan media pembelajaran. Dari sisi aspek kognitif pada siklus I hasil rata-rata presentase pre test siswa dari pertemuan 1 sampai 4 sebesar 49 93% setelah diterapkannya model TGT dan media gambar hasil post test siswa sebesar 73 90%. Hal tersebut belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal minimal sebesar 80 %. Pada Siklus II hasil rata-rata presetase pre test siswa dari pertemuan 1 sampai 3 sebesar 69 73% dan hasil rata-rata presentase post test siswa sebesar 85 40% yang menunjukkan ketuntasan siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal minimal. Dari sisi aspek afektif peneliti menggunakan observasi dan angket. Hasil observasi pada siklus I indikator Intensitas Tatap Muka sebesar 85 41% Tanggung Jawab Individu 88 88% Saling Ketergantungan positif 76 39% Keterampilan komunikasi antar individu dan kelompok 79 85% dan Evaluasi proses kelompok 84 2%. Hal tersebut mengalami peningkatan pada siklus II pada indikator Intensitas tatap muka 88 88% Tanggung jawab individu 95 48% Saling ketergantungan positif 84 71% Keterampilan komunikasi antar individu dan kelompok 85 41% dan Evaluasi proses kelompok 93 40%. sedangkan Hasil angket pada siklus I sebesar 66 67% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85 41%. Adapun beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yakni (1) bagi guru ekonomi SMAN 1 Mojosari dapat menjadikan model pembelajaran TGT serta media gambar alternatif pilihan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (2) bagi sekolah dapat mempertimbangkan penggunaan model TGT dengan media gambar untuk dikembangkan pada mata pelajaran lain (3) bagi peneliti lain dapat menyempurnakan hasil penelitian dengan alokasi waktu yang lebih efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39113 |
Actions (login required)
View Item |