Penerapan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan role playing pada mata pelajaran IPS terpadu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII G di SMP Negri 1 Malang / Dewi Marta Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan role playing pada mata pelajaran IPS terpadu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII G di SMP Negri 1 Malang / Dewi Marta Sari

Dewi, Marta Sari (2012) Penerapan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan role playing pada mata pelajaran IPS terpadu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII G di SMP Negri 1 Malang / Dewi Marta Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penerapan Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Role Playing Hasil belajar Kualitas kehidupan suatu bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bangsa yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Oleh karena itu pembaharuan di bidang pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Pembaharuan di bidang kurikulum dan pembelajaran dirasakan sangat perlu. Guru diharapkan dapat mengubah sistem pembelajaran yang awalnya berorientasi pada guru (teacher centered) menjadi sistem pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered) mengubah sistem pembelajaran yang awalnya lebih menekankan pada penguasaan materi menjadi sistem pembelajaran yang lebih menekankan pada keterampilan proses dan kemampuan siswa dalam menemukan dan memahami konsep dari materi pelajaran yang dipelajari. Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) adalah model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Problem Based Instruction (PBI) dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir pemecahan masalah dan keterampilan intelektual belajar berbagai peran melalui pengalaman belajar dalam kehidupan nyata. Pembelajaran dengan role playing merupakan suatu aktivitas yang dramatik biasanya ditampilkan oleh sekelompok kecil siswa bertujuan mengeksploitasi beberapa masalah yang ditemukan untuk melengkapi partisipasi dan pengamat dengan pengalaman belajar yang nantinya dapat meningkatkan pemahaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada Siklus I dan II sesuai dengan Rencana Pembelajaran (RPP) dengan Problem Based Instruction (PBI) dan Role Playing. Mata Pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah IPS Terpadu untuk kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012 yaitu terfokus pada kompetensi dasar Pelaku Ekonomi Dalam Sistem dan Pajak . Untuk mengetahui ketepatan guru dalam menerapkan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Role Playing maka dilakukan observasi dengan menggunakan instrumen pengamatan aktivitas guru dalam pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ditinjau dari aspek kognitif melalui perhitungan nilai pre-test dan post-test pada siklus I dan siklus II serta aspek afektif yang dilakukan melalui lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Role Playing. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Malang yang berlokasi di Jalan Lawu No. 30 Malang pada tanggal 4 Februari sampai 14 April 2012. Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data lembar observasi kegiatan guru dan siswa dan data hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan sebagai berikut (1) Penerapan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Role Playing sangat bermanfaat bagi siswa karena metode tersebut telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana selisih persentase nilai rata-rata antara post test Siklus I dan Siklus II sebesar 53% pada pokok bahasan pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia dan Pajak. Hal ini dapat dilihat bahwa hasil pre test Siklus I diperoleh rata-rata sebesar 13% sedangkan hasil post test Siklus I diperoleh rata-rata sebesar 37%. Hasil penelitian pada Siklus II diperoleh rata-rata pre test sebesar 50% sedangkan hasil post test diperoleh rata-rata sebesar 90%. Sehingga bagi guru mata pelajaran IPS Terpadu dapat menggunakan pembelajaran ini pada pokok bahasan yang memiliki kaitan secara langsung dengan lingkungan. (2) Guru hendaknya lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran karena motivasi belajar siswa masih kurang dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Bagi peneliti berikutnya penelitian ini dapat dikembangkan untuk materi selain pokok bahasan Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia dan Pajak pada mata pelajaran IPS Terpadu dan dapat dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39112

Actions (login required)

View Item View Item