Pengaruh peran dosen pembimbing lapangan dan peran guru pamong terhadap prestasi praktik pengalaman lapangan (studi kasus pada mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2008) / Anis Khumaidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh peran dosen pembimbing lapangan dan peran guru pamong terhadap prestasi praktik pengalaman lapangan (studi kasus pada mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2008) / Anis Khumaidi

Khumaidi, Anis (2012) Pengaruh peran dosen pembimbing lapangan dan peran guru pamong terhadap prestasi praktik pengalaman lapangan (studi kasus pada mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2008) / Anis Khumaidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PPL Dosen Pembimbing lapangan Guru pamong. Prestasi PPL mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah faktor eksternal. Sebagai faktor eksternal peran Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong sebagai pembimbing pengawas sekaligus penilai pelaksanaan PPL. Namun kebenaran ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh peran Dosen Pembimbing lapangan dan Guru pamong terhadap Prestasi mahasiswa PPL angkatan Tahun 2008 baik secara parsial maupun simultan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh peran dosen pembimbing lapangan dan guru pamong terhadap prestasi mahasiswaa PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan ekonomi pembangunan FE UM angkatan tahun 2008 baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE UM Angakatan tahun 2008 yang berjumlah 86 mahasiswa Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang mengambil 86 responden. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan deskriptif persentase dan teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 16.00 Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial didapat hasil yaitu terdapat pengaruh signifikan antara peran Dosen pembimbing Lapangan dan Guru Pamong terhadap prestasi PPL baik secara parsial maupun simultan. Dengan sumbangan secara simultan sebesar 57% dengan rincian Pengaruh peran Dosen Pembimbing Lapangan sebesar 11 5% dan peran Guru Pamong berpengaruh sebesar 45 4% sisanya 43% dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong merupakan modal berharga bagi pencapaian prestasi PPL. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong untuk lebih meningkatkan kualitas pembimbingan kepada mahasiswa praktikan agar pencapaian prestasi PPL mahasiswa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39111

Actions (login required)

View Item View Item