Achadin, Fandis Choliq (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Division (STAD) dan problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X7 SMA Negeri 5 Kota Malang / Fandis Choliq Achadin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Kooperatif STAD Problem Solving Aktifitas Hasil Belajar Hasil belajar yang baik menunjukan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik sehingga tujuan dalam pembelajaran bisa tercapai. Berdasarkan data yang diperoleh dari SMA Negeri 5 Malang menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa dari ulangan akhir semester ganjil dan ulangan tengah semester genap siswa pada tahun ajaran 2011/2012 masih dibawah Standart Kelulusan Minimum (SKM) sebesar 75 hal ini menunjukan jika tingkat penguasaan siswa terhadap materi ekonomi masih rendah. Rendahnya hasil belajar ini merupakan akibat proses pembelajaran yang kurang maksimal. Selama proses kegiatan belajar mengajar guru sudah berperan sebagai fasilitator dan sudah mulai pada student orientation. Namun guru masih kurang memperhatikan dan mendampingi siswa untuk melakukan aktifitas seperti kerja kelompok diskusi dan pembuatan bahan presentasi. Kadang kadang guru masih mendominasi pelajaran saat pelajaran walaupun sudah ada kelompok belajar. Hal ini menimbulkan siswa gaduh dan tidak konsen terhadap materi selain itu selama pembelajaran hanya didominasi oleh beberapa siswa tertentu dan belum adanya pembahasan mengenai hasil diskusi atau kerja kelompok. Berdasarkan informasi dari guru mata pelajaran ekonomi minat siswa terhadap pelajaran ekonomi masih rendah. Hal ini merupakan hasil dari proses pembelajaran yang belum maksimal sehingga siswa kurang begitu bisa menguasai materi dan menjadi pasif karena hanya sedikit materi yang dapat dipahami. Selain itu siswa juga kurang mendapatkan motivasi. Masalah yang diteliti terdiri dari apakah pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division ( STAD) dan Problem Solving dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X7 SMA Negeri 5 Kota Malang serta bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division ( STAD) dan Problem Solving pada mata pelajaran Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) atau disebut dengan PTK. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan awal pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan di mulai pada tanggal 15 Februari sampai 28 Maret 2012. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X7 semester genap tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 33. Dari hasil belajar siswa pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar ranah kognitif yaitu peningkatan nilai rata rata kelas dari 76 42 menjadi 77 07. Peningkatan sebesar 0 65 satuan dengan presentase sebesar 0 85% dengan ketuntasan klasikal dari 63 63% menjadi 84 84%. Rata rata aktifitas siswa pada siklus I dan Siklus II meningkat sebesar 8 34% dari siklus I sebesar 66 66% menjadi 75% di siklus II. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division ( STAD) dan Problem Solving menyatakan bahwa materi yang dipelajari bermakna dengan siswa yang menjawab sangat setuju sebesar 14 72% setuju 42 64% ragu ragu 36 79% dan Tidak setuju 5.85%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Problem Solving dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa yang dilihat dari ranah kognitif. Hasil dari respon siswa menunjukan adanya respon positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Problem Solving. Saran dalam penelitian ini guru diharapkan selalu mencoba model pembelajaran yang berbeda dalam pebelajaran agar siswa merasa lebih tertarik dalam belajar ekonomi. Menjelaskan pentingnya aktifitas siswa dalam belajar untuk menunjang hasil belajar serta memberikan motivasi kepada siswa baik secara individu maupun kelompok jika memperoleh hasil belajar yang baik. Dalam penerapan model pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Problem Solving perlu mempertimbangkan alokasi waktu yang digunakan dalam proses belajar mengajar agar pembelajaran berlangsung efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39110 |
Actions (login required)
View Item |