Bhakti, Andika Wahyu Hanusa (2012) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Andika Wahyu Hanusa Bhakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pemanfaatan perpustakaan minat baca prestasi belajar Keberadaan perpustakaan di dalam sebuah lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi merupakan suatu hal yang sangat penting. Perpustakaan di perguruan tinggi merupakan salah satu komponen dari proses pendidikan yang terjadi di sebuah lembaga perguruan tinggi dalam upaya mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas. Perpustakaan perguruan tinggi adalah salah satu sumber bahan rujukan sumber belajar serta sumber informasi sehingga perpustakaan perguruan tinggi mempunyai posisi penting bagi keberhasilan studi mahasiswa. Mahasiswa adalah salah satu komponen sivitas akademika yang sedang menuntut ilmu pengetahuan maka dari itu membaca semestinya menjadi agenda pokok mahasiswa. Dengan membaca akan menjadikan sumber inspirasi sumber pengetahuan dan mengasah kekritisan mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki minat baca yang tinggi senantiasa mengisi waktu luang dengan membaca. Keaktifan dan ketekunan mahasiswa untuk membaca buku sangat dipengaruhi oleh minat mahasiswa untuk membaca. Bila minat baca di kalangan mahasiswa telah tumbuh dan berkembang diharapkan prestasi belajar pun akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi S1 pendidikan ekonomi fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang (2) pengaruh minat baca terhadap terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi S1 pendidikan ekonomi fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang (3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi S1 pendidikan ekonomi fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi S1 pendidikan ekonomi angkatan 2009 yang berjumlah 101 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif analisis statistik inferensial dengan analisis regresi linear berganda uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan secara parsial pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pengaruh minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Sedangkan secara simultan pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah 1. bagi Universitas Negeri Malang diharapkan lebih meningkatkan lagi peranan perpustakaan seperti pengadaan bahan bacaan agar lebih ditambah lagi demi menambah referensi bacaan untuk menunjang ii kegiatan perkuliahan sehingga perpustakaan mampu menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dengan baik. 2. bagi mahasiswa hendaknya mengoptimalkan pemanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi yang dapat membantu saat mengalami kesulitan belajar maupun saat mencari bahan untuk pembuatan tugas-tugas perkuliahan sehingga akan meningkatkan prestasi belajarnya. Selain itu mahasiswa diharapkan terus berusaha meningkatkan minatnya terhadap bacaan karena hal tersebut dapat memperluas ilmu pengetahuannya sehingga dapat mendatangkan kesuksesan dalam studinya. 3. bagi peneliti selanjutnya diharapkan meneliti variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar penelitian selanjutnya dengan menambah sub variabel dan indikator dalam melakukan penelitian di tempat lain yang sejenis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39109 |
Actions (login required)
View Item |