Pengaruh gaya belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang / Oky Sofyan Ardiansyah

Ardiansyah, Oky Sofyan (2012) Pengaruh gaya belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang / Oky Sofyan Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Gaya belajar siswa, Status sosial ekonomi orang tua, Hasil belajar Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal meliputi faktor jasmaniah dan faktor psikologi serta faktor eksternal yang meliputi faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan masyarakat. Adapun faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor internal yaitu gaya belajar siswa serta faktor eksternal yaitu faktor lingkungan keluarga khususnya pada status sosial ekonomi orang tua. Gaya belajar siswa sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang mengetahui gaya belajarnya sendiri maka akan mudah lebih mudah dalam memahami materi. Begitu pula status sosial ekonomi orang tua sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang mempunyai status sosial ekonomi siswa tinggi maka fasilitas sarana maupun prasarana akan terpenuhi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang (2) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang, (3) Pengaruh gaya belajar siswadan status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah gaya belajar siswa (X1), status sosial ekonomi orang tua (X2), variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (Y).Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 8 Malang yang berjumlah 76 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data dianalisis dengan teknik persentase, dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh sigifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswadengan signifikansi t untuk variabel X1 sebesar 0,000 < &#945; = 0,05. Terdapat juga pengaruh signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa dengan signifikansi t untuk variabel X2 sebesar 0,000 < &#945; = 0,05. Gaya belajar dan status sosial ekonomi orang tua secara simultan berpengaruh terhadap hasil belaja siswa dengan R square sebesar 0,768, dengan persentase 76,8 %. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa gaya belajar dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang. Oleh karena itu diharapkan pihak sekolah, guru maupun siswa mampu meningkatkan hasil belajar dengan mengetahui gaya belajar dan status sosial ekonomi orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39108

Actions (login required)

View Item View Item