Pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMA Negeri 3 Kota Malang / Nurcahyo Eko Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMA Negeri 3 Kota Malang / Nurcahyo Eko Prasetyo

Prasetyo, Nurcahyo Eko (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMA Negeri 3 Kota Malang / Nurcahyo Eko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci persepsi pengelolaan kelas hasil belajar Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi faktor kesehatan psikologis dan kelelahan serta faktor eksternal yaitu faktor keluarga sekolah dan masyarakat. Adapun faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor eksternal siswa yaitu faktor sekolah yang mana penelitian ini di khususkan terhadap pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru. Seorang guru dikatakan dapat mengelola kelas dengan baik apabila guru tersebut mampu memenuhi empat kemampuan dasar dalam mengelola kelas. Kemampuan tersebut meliputi pengaturan kondisi fisik kelas pengaturan kondisi sosio-emosional kelas pengaturan kondisi organisasional kelas dan pengembangan kondisi belajar yang optimal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan teknis analisis regresi linear berganda. Variabel penelitian antara lain persepsi siswa tentang pengaturan kondisi fisik kelas oleh guru (X1) persepsi siswa tentang pengaturan kondisi sosio-emosional kelas oleh guru (X2) persepsi siswa tentang pengaturan kondisi organisasional kelas oleh guru (X3) persepsi siswa tentang pengembangan kondisi belajar yang optimal oleh guru (X4) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner observasi lapangan dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaturan kondisi fisik kelas oleh guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pengaturan kondisi sosioemosional kelas oleh guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pengaturan kondisi organisasional kelas oleh guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pengembangan kondisi belajar yang optimal oleh guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan pengelolaan kelas oleh guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Saran yang diajukan bagi guru ekonomi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengatur kondisi sosioemosional kelas dalam proses belajar mengajar bagi SMA Negeri 3 Malang diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas tenaga pengajar disamping itu juga lingkungan sekolah baik dari segi fisik maupun non fisik demi tercapainya suasana belajar yang kondusif dan akademis untuk mendorong siswa berprestasi bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan variabel penelitian sehingga hasil penelitiannya lebih representatif dengan perkembangan jaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39107

Actions (login required)

View Item View Item