Murdinar, Hardining Estu (2012) Pengaruh disiplin belajar di sekolah dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA Negeri 2 Kota Pasuruan semester genap tahun ajaran 2011/2012 / Hardining Estu Murdinar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci disiplin belajar lingkungan belajar hasil belajar Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi faktor kesehatan psikologis motivasi tanggung jawab dan kelelahan serta faktor eksternal yaitu faktor keluarga sekolah dan masyarakat. Adapun faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor internal dan eksternal yaitu disiplin belajar di sekolah dan lingkungan belajar siswa. Disiplin belajar di sekolah berkaitan erat dengan kepatuhan siswa terhadap peraturan yang berlaku di sekolah tempatnya belajar. Siswa harus memiliki kesadaran untuk mematuhi peraturan dalam kegiatan belajar tanpa adanya paksaan dari pihak lain.Siswa yang terbiasa belajar teratur baik dirumah maupun disekolah maka kemampuan kognitifnya akan terlatih terus dan akan membantu untuk belajar mandiri tertib dan bertanggung jawab dalam kegiatan belajarnya. Lingkungan belajar meliputi lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Ketiga lingkungan yang biasa disebut dengan tripusat pendidikan yang kondusif juga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang maksimal. SMA Negeri 2 Kota Pasuruan sebagai salah satu sekolah umum di Kota Pasuruan memiliki akreditasi A dan merupakan salah satu sekolah tujuan favorit masyarakat. Dengan predikat tersebut siswa SMA Negeri 2 Kota Pasuruan dianggap memiliki disiplin belajar dan lingkungan belajar yang baik. Namun belum bisa mendapat hasil belajar yang optimal dan prestasi belajar yang maksimal.Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi masi sangat rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1)Bagaimana pengaruh disiplin belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Kota Pasuruan pada mata pelajaran ekonomi (2)Bagaimana pengaruh lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Kota Pasuruan pada mata pelajaran ekonomi (3) Bagaimana pengaruh disiplin belajar di sekolah dan lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Kota Pasuruan pada mata pelajaran ekonomi .Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Kota Pasuruan pada mata pelajaran ekonomi. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Kota Pasuruan pada mata pelajaran ekonomi. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar di sekolah dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri2 Kota Pasuruan pada mata pelajaran ekonomi. Rancangan penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanasi karena bertujuan menjelaskan ada tidaknya pengaruh dan besran pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Kota Pasuruan tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 469 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh 216 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan teknik analisis regresi linear berganda. Variabel penelitian antara lain disiplin belajar di sekolah (X1) lingkungan belajar siswa (X2) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner observasi lapangan dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang selalu disiplin belajar di sekolah sebesar 43 51% sering sebesar 42 12% kadang-kadang sebesar 9 25% pernah 3 70% dan tidak pernah 1 38% . (2) siswa yang selalu memiliki lingkungan belajar kondusif 21 2% sering sebesar 51 38% kadang-kadang sebesar 24 07% dan pernah 3 24 % . (3) hasil belajar siswa klasifikasi sangat baik sebesar 15 27% baik sebesar 81 94% dan cukup baik sebesar 2 77%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa (1) pengaruh disiplin belajar di sekolah (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05. (2) Lingkungan belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05. (3) Pengaruh disiplin belajar di sekolah dan lingkungan belajar siswa (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) disiplin belajar di sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Kota Pasuruan. (2) Lingkungan belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Kota Pasuruan. (3) Disiplin belajar di sekolah dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Kota Pasuruan. Saran yang diajukan adalah (1) bagi guru ekonomi diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang lebih disiplin dengan cara lebih teratur dalam mengkoreksi tugas para siswa yang telah diberikan. (2) Bagi SMA Negeri 2 Kota Pasuruan diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas lingkungan sekolah baik dari segi fisik maupun non fisik demi tercapainya lingkungan sekolah yang kondusif dan akademis untuk mendorong siswa berprestasi. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan variabel penelitian sehingga hasil penelitiannya lebih representatif dengan perkembangan jaman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39106 |
Actions (login required)
View Item |