Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Malang / Novi Eko Prasetyo

Prasetyo, Novi Eko (2012) Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Malang / Novi Eko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : motivasi belajar, pemanfaatan fasilitas belajar, prestasi belajar Siswa SMPN 10 Kota Malang memiliki prestasi yang berbeda-beda. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Faktor intern yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi. Sedangan faktor ekstern yang menjadi permasalahan adalah pemanfaatan fasilitas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan rancangan penelitian ini berupa Eksplanatory Research. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah sedangkan variabel terikatnya adalah prestas belajar. Dengan populasi sebanyak 377 siswa dan sampel sebanyak 194 siswa dengan menggunakan rumus slovin. Instrumen dalam penelitian ini adalah closed questionare dan menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang mengambil 194 responden, dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi belajar (X1) terhadap prestasi belajar. Dilihat dari signifikansi variabel X1 sebesar 0.000 < 0.05, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah (X2) terhadap prestasi belajar. Dilihat dari signifikansi variabel X2 sebesar 0.000 < 0.05, (3) Hasil uji regresi ganda antara motivasi belajar dan pemanfaatan faslitas belajar di sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar diketahui nilai korelasi motivasi belajar 0.697, nilai korelasi pemanfaatan fasilitas belajar 0.406, nilai sig F 0.000 < 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa Ho dalam penelitian ini ditola dan Ha tidak ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestsi belajar, (3) motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Adapun saran yang dapat disampaikan penulis adalah sebagai berikut: (1) Bagi universitas negeri Malang diharapkan dapat digunakan untuk menambah bahan kajian untuk penelitian selanjutnya, (2) Dalam pengadaan fasilitas belajar, pihak sekolah hendaknya memperhatikan kebutuhan belajar siswa, terutama pemanfaatan fasilitas belajar dan memperbaiki fasilitas belajar yang telah ada, (3) siswa menggunakan jam kosong ataupun waktu luangnya seperti istirahat sekolah untuk memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak seolah, dan (4) Bagi peneliti lain yang melakukan penelitian yang serupa mengenai motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah hendaknya menambah jumlah tempat penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39104

Actions (login required)

View Item View Item