Penerapan pembejaran kooperatif model Numbered Heads Together dan model Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas belajar serta hasil belajar siswa (Penelitian tindakan kerlas pada siswa SMPN 1 Kromengan Kabupaten Malang) / Mar'atus Cholidiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembejaran kooperatif model Numbered Heads Together dan model Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas belajar serta hasil belajar siswa (Penelitian tindakan kerlas pada siswa SMPN 1 Kromengan Kabupaten Malang) / Mar'atus Cholidiyah

Cholidiyah, Mar'atus (2012) Penerapan pembejaran kooperatif model Numbered Heads Together dan model Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas belajar serta hasil belajar siswa (Penelitian tindakan kerlas pada siswa SMPN 1 Kromengan Kabupaten Malang) / Mar'atus Cholidiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Snowball Throwing Aktivitas belajar hasil belajar. Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran berkelompok secara heterogen yang saling berinteraksi bekerjasama menyumbangkan pikiran dan bertanggung jawab baik secara individu maupun kelompok. Pembelajaran kooperatif ada bermacam-macam model diantaranya Numbered Heads Together dan Snowball Throwing. Untuk meningkatkan kualitas pengajaran maka perlu dilakukan pembelajaran yang bervariatif. Berkaitan dengan itu maka diperlukan penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan kedua model pembelajaran tersebut terhadap peningkatan aktivitas belajar serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan tes tertulis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi lembar catatan lapangan dokumentasi serta soal tertulis (pre tes dan pos tes). Kegiatan analisis data dimulai dari mereduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh bahwa nilai aktivitas belajar siswa siklus I dari dua pertemuan diperoleh hasil bahwa taraf keberhasilan dari aktivitas belajar siswa dari aspek visual nilai rata-rata siswa adalah 68% meningkat sebesar 72% dari kegiatan lisan sebesar 66% meningkat sebesar 76% kegiatan mendengarkan sebesar 69% meningkat sebesar 85% kegiatan mental sebesar 69% meningkat sebesar 79% kegiatan emosional 67% meningkat menjadi 69% sedangkan aspek menulis siswa sebesar 83% meningkat menjadi 85%. Berdasarkan pada hasil analisis nilai aktivitas belajar siswa siklus II dari dua pertemuan diperoleh hasil bahwa taraf keberhasilan dari aktivitas belajar siswa dari aspek visual nilai rata-rata siswa adalah 93% meningkat sebesar 100% dari kegiatan lisan sebesar 84% menjadi 96% kegiatan mendengarkan 96% menjadi 100% kegiatan menulis nilai rata-rata siswa 98% menjadi 100% kegiatan mental siswa rata-rata sebesar 91% meningkat 96% sedangkan kegiatan emosional siswa sebesar 87% meningkat menjadi 94%. Artinya aspek visual lisan mendengarkan menulis mental dan emosional siswa tergolong Baik sekali. Berdasarkan hasil Pre tes dan Pos tes siklus I Ketuntasan belajar pre tes siswa sebesar 33% dan pada pos tes ketuntasan belajar siswa sebesar 79%.Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa pada pre tes sebesar 47% sedangkan pos tes sebesar 91%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39101

Actions (login required)

View Item View Item