Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan pemahaman dasar ekonomi (economic literacy) terhadap pola konsumsi siswa (studi kasus kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Bangil) / Farida Nur Ula - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan pemahaman dasar ekonomi (economic literacy) terhadap pola konsumsi siswa (studi kasus kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Bangil) / Farida Nur Ula

Ula, Farida Nur (2012) Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan pemahaman dasar ekonomi (economic literacy) terhadap pola konsumsi siswa (studi kasus kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Bangil) / Farida Nur Ula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Status sosialekonomi orang tua pemahamandasarekonomi (economic literacy)danpolakonsumsi Globalisasi pada hakekatnya mengarah pada perdagangan bebas suatu sistem perdagangan dengan tingkat hambatan nol. Hal ini menimbulkan dampak tersendiri bagi masyarakat yaitu pola konsumsi yang cenderung mengarah ke sikap konsumtif terhadap barang-barang impor dengan harga yang relatif murah terutama dikalangan remaja.Konsumsi remaja saat ini cenderung mengarah pada prilaku yang konsumtif tanpa mempertimbangkan bagaimana cara berkonsumsi sesuai dengan motif dan prinsip ekonomi misalnya remaja sering membeli barang-barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan tetapi hanya karena keinginan yang sebentar saja dan sering melakukan hal-hal yang merugikan baik diri sendiri maupun lingkungan sekitar.Keadaan seperti ini bisa terjadi karena banyak faktor mempengaruhi remaja dalam mengkonsumsi barang-barang diantaranya 1) Pengaruhlingkunganmeliputibudaya kelassosial pengaruhpribadi 2) perbedaanindividumeliputisumberdayakonsumen motivasi pengetahuan kepribadiandangayahidup 3) Proses psikologidasarmeliputipengolahaninformasi pembelajaran perubahansikapdanperilaku. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisis (1) Hubunganantara status sosialekonomi orang tuaterhadappolakonsumsisiswakelas XI ilmusosial SMAN 1 Bangil (2) Hubunganantarapemahamandasarekonomi (economic literacy)terhadappolakonsumsisiswakelas XI ilmusosial SMAN 1 Bangil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasinya adalah siswa kelas XI ilmusosial di SMAN 1 Bangil yang berjumlah 74 siswa dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 43 siswa berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel dalam penelitian ini antara lain status sosialekonomi orang tya (X1) pemahamandasarekonomi (economic literacy) (X2) dan polakonsumsisiswa(Y).Untuk menjamin keabsahan data maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada instrumen penelitian. Analisis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasional atau uji hipotesis. Berdasarkanhasildarianalisisdeskriptifdiperoleh data bahwasebagianbesarsiswamemilikitingkat status sosialekonomi orang tuacukup.Sedangkanuntukpemahamandasarekonomi (economic literacy)sangatbaik.Polakonsumsisiswacukup.Hasilanalisiskorelasionalatauujihipotesismenunjukkanbahwaadahubungan yang positifantara status sosialekonomi orang tuadenganpolakonsumsisiswa.Sifatkorelasi yang positifberartisemakintinggi status sosialekonomi orang tuamakapolakonsumsisemakintinggi.Koefisienkorelasisebesar 0.537menunjukkanbahwahubunganantarakeduavariabelkuat.Untukvariabelpemahamandasarekonomi (economic lieracy) ditemukanadahubungan yang positifantarapolakonsumsisiswa yang memilikiartibahwasemakinbaikpemahamandasarekonomimakasemakintinggipolakonsumsiuntukmenabung.Koefisienkorelasisebesar 0.391menunjukkanbahwahubunganantarakeduavariabelcukupkuat. Saran yang dapatdiberikanuntuk SMA Negeri1Bangilberdasarkanpenelitianiniadalahsebaiknyasiswahendaknyamenerapkanpemahamandasarekonomi( economic literacy) yang dimilikidalampolakonsumsisehari-hari. Bagi guru hendaknyameningkatkankualiataspembelajarandanmemberikanarahanpadasiswatentangmateripembelajarandanpemahamantentangkonsepdasarekonomi agar tercapaitujuanpembelajaranekonomi khususnyadalammateriekonomi.Bagi orang tua harus selalu memberikan arahan dan dorongan kepada putra-putrinya bahwa status sosial ekonomi orang tua tidak bolahdijadikanpacuandalamberkonsumsitanpamementingaknataumemperhatikankondisidisekitarnya.Bagipeneliti lain hendaknyamenelitivariabel lain yang memilikihubunganpolakonsumsidiluarvariabelstatus sosial ekonomi orang tuadanpemahamandasarekonomi (economic literacy)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39099

Actions (login required)

View Item View Item