Pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Malang) / Hendri Satrio Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Malang) / Hendri Satrio Nugroho

Nugroho, Hendri Satrio (2012) Pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Malang) / Hendri Satrio Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perhatian Orang Tua Fasilitas Belajar di Rumah Prestasi Belajar. Prestasi belajar siswa dipengaruhi berbagai faktor diantaranya perhatian orang tua dan fasilitas belajar di rumah. Perhatian orang tua memiliki peran yang sangat penting dikarenakan bentuk perhatian dari orang tua bisa dalam bentuk pemenuhan sarana dan prasarana belajar pengawasan belajar dan pemberian motivasi belajar. Dan fasilitas belajar di rumah mengandung banyak elemen yang dapat mendorong terciptanya kondisi yang mendukung anak untuk belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Namun itu semua masih perlu di uji kebenarannya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi pengaruh fasilitas belajar dirumah terhadap prestasi belajar ekonomi pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini menggunakan sampel dan menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Malang sebanyak 72 siswa yang diambil dari populasi sebanyak 253 siswa kelas X. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif teknik analisis regresi linier berganda uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 17.00. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan secara parsial perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig. t sebesar 0 002 945 0 05 dan t hitung 3 283 t tabel 1 6672 analisis pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig. t sebesar 0 000 945 0 05 dan t hitung 6 278 t tabel 1 6672. Sedangkan secara simultan pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig. F sebesar 0 000 945 0 05 dan F hitung 37 278 F tabel 3 13. Selain itu dari hasil analisis regresi besar R Square adalah 0 519. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar dirumah terhadap prestasi belajar ekonomi baik secara parsial maupun simultan. Besarnya pengaruh secara simultan dalam penelitian ini adalah sebesar 51 9 % dengan rincian pengaruh perhatian orang tua14 5% dan fasilitas belajar di rumah 37 4%. Sedangkan sisanya sebesar 48 1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar di rumah menjadi faktor yang penting guna mencapai prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39097

Actions (login required)

View Item View Item