Pengaruh motivasi belajar, keterampilan sosial, dan penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX SMP Negeri 16 Malang / Niko Parmana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar, keterampilan sosial, dan penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX SMP Negeri 16 Malang / Niko Parmana Putra

Putra, Niko Parmana (2012) Pengaruh motivasi belajar, keterampilan sosial, dan penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX SMP Negeri 16 Malang / Niko Parmana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi Belajar Keterampilan Sosial Penggunaan Teknologi Informasi dan Prestasi Belajar. Belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku seseorang untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar banyak jenisnya tetapi dapat digolongkan menjadi dua golongan saja yaitu faktor intern dan ekstern. Di antara kedua faktor tersebut terdapat variabel-variabel di dalamnya yang turut mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar anak yaitu motivasi belajar (faktor intern) keterampilan sosial dan penggunaan teknologi informasi (faktor ekstern) Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh motivasi belajar (X1) keterampilan sosial (X2) dan penggunaan teknologi informasi (X3) terhadap prestasi belajar siswa (Y) baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Malang. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 292 siswa. Jumlah pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 74 siswa dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik proporsional random sample. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner tes tulis dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda. Data diolah dengan bantuan software SPSS 16 0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) ada pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (2) keterampilan sosial tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar (3) ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar (4) motivasi belajar keterampilan sosial dan penggunaan teknologi informasi berpengaruh positif yang signifikan secara simultan terhadap prestasi belajar siwa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX SMP Negeri 16 Malang. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39096

Actions (login required)

View Item View Item