Penerapan pembelajaran quantum learning dengan teknik peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-2 SMAN 8 Malang / Dicky Noveka Firmanzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran quantum learning dengan teknik peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-2 SMAN 8 Malang / Dicky Noveka Firmanzah

Firmanzah, Dicky Noveka (2012) Penerapan pembelajaran quantum learning dengan teknik peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-2 SMAN 8 Malang / Dicky Noveka Firmanzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Quantum learning mind mapping berpikir kreatif dan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada tangga 5 januari 2012 dengan guru ekonomi SMA Negeri 8 Malang diketahui sebagian proses pembelajaran masih didominasi guru siswa cenderung pasif dan bosan serta pemahaman siswa tentang konsep-konsep ekonomi masih kurang dimengerti. Untuk mengatasi hal ini di perlukan suatu pembelajaran yang tepat menarik dan menyenangkan yaitu pembelajaran Quantum Learning Dengan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) yang diharapkan dapat membantu siswa untuk mengasah kemampaun kreativitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 8 Malang dengan jumlah 38 siswa yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan tahun ajaran 2011-2012. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dari ranah kognitif dan afektif yang di ambil dari penerapan pembelajaran Quantum Learning Dengan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping). instrument yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi angket pedoman wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X-2. Hal ini ditunjukkan dengan adanya presentase kemamapuan berpikir kritis siswa siklus I yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar aspek kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus sedangkan hasil belajar ranah afektif siswa siklus I meningkat pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Quantum Learning Dengan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Negeri 8 Malang. Guru mata pelajaran Ekonomi disarankan menerapkan Quantum Learning Dengan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39095

Actions (login required)

View Item View Item