Hubungan antara cara belajar dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawang) / Irvan Frastyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara cara belajar dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawang) / Irvan Frastyo

Frastyo, Irvan (2012) Hubungan antara cara belajar dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawang) / Irvan Frastyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci cara belajar fasilitas belajar prestasi belajar Salah satu upaya dalam usaha memperoleh dan mengembangkan ilmu pengetahuan adalah melalui media pendidikan. Di dalam kegiatan pendidikan formal prestasi belajar dapat dinilai keberhasilannya melalui tes hasil belajar.Tentunya antar peserta didik memiliki keragaman dalam pencapaian prestasi belajar. Adanya perbedaan ini banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dibagi dalam dua golongan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Cara belajar merupakan suatu strategi yang dilakukan oleh peserta didik guna mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Adanya perbedaan karakteristik dari masing- masing individu menyebabkan perbedaan dalam cara belajar siswa. Adanya perbedaan inilah juga menyebabkan prestasi yang dihasilkan juga berbeda pula. Adanya cara belajar yang baik perlu ditunjang juga dengan tersedianya fasilitas belajar yang memadai untuk melengkapi sarana prasarana individu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar (2) hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Lawang yang berjumlah 187 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Data dianalisis dengan teknik statistik non- parametrik Uji Chi-Square dan Contingency Coefficient dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil (1) korelasi antara cara belajar dengan prestasi belajar dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara cara belajar dengan prestasi belajar (2) korelasi antara fasilitas belajar dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar. Berdasarkan temuan penelitian ini maka disarankan untuk memaksimalkan prestasi belajar siswa hendaknya mengetahui cara belajar yang baik serta orang tua maupun sekolah dapat menyediakan fasilitas belajar yang memadai untuk menunjang kegiatan belajar mereka sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39093

Actions (login required)

View Item View Item