Hambatan didaktik dalam pembelajaran matematika / Ika Wulan Junianti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Hambatan didaktik dalam pembelajaran matematika / Ika Wulan Junianti</p>

Junianti, Ika Wulan (2025) Hambatan didaktik dalam pembelajaran matematika / Ika Wulan Junianti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika adalah pelajaran yang bisa digunakan untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah siswa. Oleh karena itu pembelajaran yang dilakukan harus optimal. Kemampuan pemecahan masalah yang baik dalam pelajaran matematika menjadi tujuan dari pembelajaran karena juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Namun realita yang ada menunjukkan bahwa siswa mengalami kesalahan dalam memecahkan masalah matematika. Hal ini memunculkan dugaaan bahwa ada kekurangan terkait cara pengajaran karena dalam pembelajaran matematika harus menawarkan kerangka konseptual yang kuat tentang bagaimana pengetahuan matematika dibangun dan diajarkan pada siswa. Oleh karena itu penyebab hambatan didaktik dalam pembelajaran matematika perlu untuk diidentifikasi dan dianalisis. Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyebab dari hambatan didaktik dalam pembelajaran matematika. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif. Subjek dari penelitian adalah guru matematika dan siswa di kelas X Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik trianggulasi yang meliputi observasi dokumentasi tes soal SPtLDV angket identitas matematika dan wawancara semiterstruktur. Observasi digunakan untuk memahami situasi pembelajaran dan dokumentasi digunakan sebagai bukti observasi tes digunakan untuk mengidentifikasi hambatan yang terjadi angket identitas matematika digunakan untuk memilih siswa untuk diwawancarai dan wawancara semiterstruktur digunakan untuk menggali informasi terkait hambatan didaktik dari perspektif siswa. Analisis data dilakukan menggunakan empat tahapan yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hambatan konstruksi dan hambatan pengelolaan kelas. Hambatan konstruksi diakibatkan oleh tiga faktor yaitu keterbatasan pengetahuan lama ketidakbermaknaan konten dan keterbatasan konteks. Selanjutnya hambatan pengelolaan kelas diakibatkan oleh cara guru membentuk kelompok dan menstimulus siswa untuk berdiskusi ataupun bertanya. Solusi yang bisa dilakukan oleh guru untuk meminimalisisr hambatan konstruksi yaitu dengan mengingatkan kembali materi prasyarat menekankan makna dari suatu konten dan memberikan latihan soal yang rutin dan non rutin. Untuk solusi pengelolaan kelas guru perlu membagi tugas masing-masing siswa secara merata sehingga tidak ada unsur dominan untuk yang memiliki kemampuan tinggi serta siswa dapat bertanggung jawab terhadap tugasnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390923

Actions (login required)

View Item View Item