Interferensi berpikir siswa dalam menyelesaikan soal hubungan antar sudut berdasarkan objek dasar matematika / Maura Caesarani Suteja</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Interferensi berpikir siswa dalam menyelesaikan soal hubungan antar sudut berdasarkan objek dasar matematika / Maura Caesarani Suteja</p>

Suteja, Maura Caesarani (2025) Interferensi berpikir siswa dalam menyelesaikan soal hubungan antar sudut berdasarkan objek dasar matematika / Maura Caesarani Suteja</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam menyelesaikan soal siswa memanfaatkan informasi yang tersimpan dalam memori dengan cara mengingat kembali informasi tersebut namun terkadang proses ini mengalami hambatan karena informasi yang diingat terganggu oleh adanya informasi lain. Gangguan ini dikenal sebagai interferensi. Berdasarkan masalah yang ditemui peneliti saat studi pendahuluan siswa terindikasi mengalami interferensi saat menyelesaikan soal hubungan antar sudut. Sehingga penelitian ini membahas mengenai bagaimana interferensi berpikir yang terjadi pada siswa saat menyelesaikan soal hubungan antar sudut berdasarkan objek dasar matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan interferensi berpikir siswa dalam menyelesaikan soal hubungan antar sudut berdasarkan objek dasar matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif dengan melibatkan 29 siswa kelas VII di salah satu SMP Kabupaten Kediri. Sebanyak 29 siswa yang melakukan kesalahan dan mengalami interferensi pada saat menyelesaikan soal hubungan antar sudut sebanyak tiga siswa dipilih menjadi subjek penelitian dengan mempertimbangkan kesalahan dan interferensi yang terjadi secara berulang serta konsisten. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen tes dan instrumen wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interferensi yang dialami siswa saat menyelesaikan soal hubungan antar sudut yaitu interferensi semantik berdasarkan kesalahan konsep. Interferensi ini muncul karena adanya gangguan dalam proses berpikir siswa saat memaknai konsep matematika yang digunakan yaitu ketika siswa kesulitan membedakan istilah-istilah dalam hubungan antar sudut. Selain itu terdapat interferensi prosedural berdasarkan kesalahan prinsip yaitu gangguan saat siswa menerapkan langkah-langkah penyelesaian soal. Hal ini tampak ketika siswa menggunakan prosedur yang tidak sesuai dengan konteks soal. Adapun interferensi respons berdasarkan kesalahan operasi yaitu ketika siswa salah dalam melakukan perhitungan karena masih terpengaruh oleh jawaban sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut penelitian lebih lanjut dapat meneliti kemungkinan bahwa dalam satu aspek objek dasar matematika siswa dapat mengalami lebih dari satu jenis interferensi secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390922

Actions (login required)

View Item View Item