Maharani, Ayu Maretta (2012) Pengaruh iklan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap pola kon sumsi siswa kelas X di SMA 1 Bojonegoro / Ayu Maretta Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci iklan pemahaman pada mata pelajaran Ekonomi pola konsumsi kelas X Bojonegoro Manusia tidak pernah lepas dari kegiatan ekonomi terutama kegiatan kon-sumsi. Banyak media yang dapat digunakan produsen dalam kegiatan mempromo-sikan produknya seperti iklan di media massa cetak (koran majalah tabloid dan lain-lain) dan media massa elektronik (televisi radio internet dan lain-lain). Iklan dapat mempengaruhi perilaku konsumen terhadap merek yang diiklankan. Pen-tingnya pendidikan Ekonomi ini dimaksudkan untuk memperluas wawasan siswa dalam bidang Ekonomi terutama yang berhubungan dengan konsumsi. Perma-salahan mengenai penerapan ilmu ekonomi terutama dalam hal berkonsumsi me-rupakan masalah yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh iklan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Ekonomi baik secara parsial maupun simultan terhadap pola konsumsi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksplanatori (Explana-tory Research). Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner tentang iklan dan pola konsumsi siswa serta soal tes untuk mengukur tingkat pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Data kuesioner dan soal tes diambil dari sampel sebesar 153 siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analis tingkat signifikansi variabel X1 (0 001) 0 05 sehingga iklan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pola konsumsi siswa. Tingkat signifikansi variabel X2 (0 000) 0 05 sehingga pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pola konsumsi siswa. Tingkat signifikansi variabel X1 dan X2 (0 000) Signifi-kansi alpha (0 05) sehingga iklan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Ekonomi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pola konsumsi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Iklan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pola konsumsi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bojone-goro (2) Pemahaman siswa pada mata pelajaran Ekonomi berpengaruh secara po-sitif dan signifikan terhadap pola konsumsi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bo-jonegoro (3) Iklan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Ekonomi berpe-ngaruh secara simultan dan signifikan terhadap pola konsumsi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Saran yang dapat diberikan kepada siswa guru sekolah yaitu mening-katkan pendidikan ekonomi di sekolah dan kepada penelitian selanjutnya yaitu un-tuk menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi pola konsumsi siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39092 |
Actions (login required)
View Item |