Muazarah, Shofi Farihah (2025) Proses berpikir statistis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah statistika / Shofi Farihah Muazarah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir statistis dalam pembelajaran matematika khususnya materi statistika yang berkaitan langsung dengan konteks kehidupan sehari-hari. Berpikir statistis adalah kemampuan seseorang dalam memahami mengelola menyajikan dan menarik kesimpulan dari data secara logis dan kontekstual. Kemampuan ini tidak hanya menuntut keterampilan berhitung tetapi juga menuntut proses berpikir mendalam dalam menalar dan menginterpretasikan informasi berbasis data. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir statistis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek empat siswa kelas XI MIPA SMA Maarif Lawang semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek dipilih secara purposive sampling berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan guru. Analisis dalam penelitian ini didasarkan pada empat indikator berpikir statistis yang disingkat DORA mendeskripsikan data (describing) mengorganisasi dan mereduksi data (organizing and reducing) merepresentasikan data (representing) serta menganalisis dan menafsirkan data (analyzing and interpreting). Dua siswa dikategorikan memiliki kemampuan berpikir statistis lengkap dan dua lainnya termasuk dalam kategori tidak lengkap. Kategori lengkap subjek telah menggunakan seluruh indikator DORA. Kategori tidak lengkap hanya menggunakan tiga dari empat indikator DORA. Instrumen penelitian meliputi soal pemecahan masalah kontekstual materi statistika dan pedoman wawancara semi-terstruktur. Data dianalisis melalui tahap reduksi penyajian dan penarikan kesimpulan serta dilakukan triangulasi antara tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan berpikir statistis lengkap mampu melalui keempat indikator DORA secara utuh. Mereka dapat memahami konteks soal dan informasi penting (mendeskripsikan data) melakukan perhitungan seperti mean dan median dengan tepat (mengorganisasi dan mereduksi data) menyajikan data dalam bentuk diagram line plot yang benar (merepresentasi data) serta menarik kesimpulan berdasarkan data yang dikaitkan dengan konteks permasalahan (menganalisis dan menginterpretasi data). proses berpikir mereka bersifat logis terstruktur dan konsisten antara tes dan wawancara. Sebaliknya subjek dengan kemampuan berpikir statistis tidak lengkap hanya dapat memenuhi tiga dari empat indikator berpikir. Salah satu subjek tidak mampu menganalisis dan menafsirkan data meskipun telah mendeskripsikan dan menyajikan data dengan benar. Subjek lainnya tidak mampu mendeskripsikan informasi dari soal namun dapat mengorganisasi dan mereduksi data merepresentasikan data serta menganalisis dan menafsirkan data. Temuan ini menunjukkan bahwa setiap subjek memiliki pola berpikir yang unik dan hambatan berpikir dapat muncul di awal tengah maupun akhir proses penyelesaian masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |