Berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah literasi matematika / Ghefira Nur Fatima</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah literasi matematika / Ghefira Nur Fatima</p>

Fatima, Ghefira Nur (2025) Berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah literasi matematika / Ghefira Nur Fatima</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kreatif merupakan kemampuan menghasilkan berbagai gagasan atau ide baru yang orisinal sebagai respons terhadap suatu tantangan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi khususnya pada masalah literasi matematika. Dalam konteks pembelajaran matematika kemampuan berpikir kreatif sangat penting terutama ketika siswa dihadapkan pada soal-soal kontekstual yang menuntut penyelesaian masalah secara fleksibel dan tidak rutin. Salah satu bentuk penerapan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika adalah melalui literasi matematika yaitu kemampuan siswa dalam memahami menggunakan dan menerapkan konsep matematika dalam kehidupan nyata. Namun berdasarkan hasil studi sebelumnya dan data PISA kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Kondisi ini menunjukkan perlunya penguatan kemampuan berpikir kreatif sebagai salah satu kompetensi dalam meningkatkan literasi matematika. Studi pendahuluan di SMP Telkom Makassar juga menunjukkan keberagaman jawaban siswa terhadap soal literasi matematika yang mencerminkan potensi berpikir kreatif yang perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah literasi matematika berdasarkan tiga aspek yaitu fluency (kelancaran) flexibility (keluwesan) dan novelty (kebaruan). Subjek penelitian dipilih berdasarkan kategori tingkat berpikir kreatif yang meliputi sangat kreatif kreatif cukup kreatif kurang kreatif dan tidak kreatif. Pemilihan subjek dilakukan melalui tes awal untuk mengidentifikasi tingkat berpikir kreatif siswa dan kemudian diambil sejumlah siswa yang mewakili setiap kategori tersebut. Instrumen pengumpulan data berupa tes berpikir kreatif siswa dan pedoman wawancara semi terstruktur. Data dianalisis melalui reduksi data dengan memilih dan menyaring informasi yang relevan dari tes literasi matematika dan wawancara semi terstruktur. Setelah itu data yang sudah terpilah disajikan dalam bentuk narasi deskriptif yang menggambarkan bagaimana siswa menyelesaikan masalah matematika dan menunjukkan hubungan antara berpikir kreatif mereka dengan solusi yang ditemukan. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan menganalisis hasil yang telah disajikan untuk menarik pemahaman tentang tingkat berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah literasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah literasi matematika berdasarkan kategori tingkat berpikir kreatif. Siswa sangat kreatif mampu menyelesaikan soal dengan berbagai cara yang tepat menggambar bangun datar yang bervariasi dan sesuai konteks serta menghasilkan solusi yang unik. Siswa kreatif menunjukkan pemahaman yang baik dan mampu menyelesaikan soal dengan benar namun strategi yang digunakan masih terbatas pada satu pendekatan saja. Siswa cukup kreatif mampu memahami soal dan memberikan jawaban yang cukup tepat namun seringkali hanya menggunakan satu cara dan dengan tingkat kebaruan yang rendah. Siswa kurang kreatif menunjukkan kesulitan dalam mengembangkan strategi alternatif dan menghasilkan jawaban yang kurang tepat. Sementara itu siswa tidak kreatif cenderung mampu menyelesaikan masalah kedua yang diberikan serta memahami informasi yang diberikan dalam soal walaupun belum memenuhi dari ketiga aspek berpikir kreatif yaitu aspek fluency flexibility dan novelty.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390911

Actions (login required)

View Item View Item