Maisaro, Atik (2018) Manajemen program penguatan pendidikan karakter (studi kasus di SD Negeri Bunulrejo 2 Malang) / Atik Maisaro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Maisaro Atik. 2018. Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Bunulrejo 2 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Dr. H Imron Arifin M.Pd Kata Kunci Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Pembentukan karakter melalui faktor lingkungan dapat dilakukan melalui beberapa strategi antara lain yaitu keteladanan intervensi pembiasaan yang dilakukan secara konsisten dan penguatan. Hadirnya penguatan pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting karena perubahan perilaku peserta didik (sebagai hasil dari proses pendidikan karakter) sangat ditentukan oleh faktor lingkungan ini. Dengan kata lain pembentukan dan rekayasa lingkungan yang mencakup diantaranya lingkungan fisik dan budaya sekolah manajemen sekolah kurikulum pendidik dan metode mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program penguatan pendidikan karakter pengorganisasian program penguatan pendidikan karakter pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter pengawasan program penguatan pendidikan karakter serta evaluasi program penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut diorganisasikan ditafsirkan dan dianalisis guna menyusun temuan di lapangan. Keabsahan data yang digunakan dimaksudkan untuk mengecek kebenaran data dengan menggunakan triangulasi pengecekan anggota meningkatkan ketekunan dan kecukupan bahan referensi. Berdasarkan hasil paparan data di lapangan diperoleh lima temuan penelitian sebagai berikut. Pertama tahapan perencanaan program penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Bunulrejo 2 Malang meliputi kegiatan (1) observasi (2) rapat koordinasi (3) penyusunan program kerja (4) pelaksanaan program (5) pengawasan (6) evaluasi. Kedua pengorganisasian program penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Bunulrejo 2 Malang meliputi Kepala sekolah sebagai penanggungjawab kegiatan dibantu oleh tim pengembang sekolah dan juga para koordinator. Koordinator tersebut adalah koordinator kesiswaan koordinator sarana dan prasarana koordinator hubungan sekolah dengan masyarakat dan lain-lain. Ketiga pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Bunulrejo 2 Malang ialah (1) terintegrasi (2) pembudayaan (3) keteladanan (4) kerja sama dengan orang tua. Keempat pengawasan program penguatan pendidikan karakter bersifat langsung yaitu kepala sekolah yang langsung mengawasi kegiatan. Pengawasan dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan supervisi guna mengetahui kinerja guru dalam pembelajaran di kelas sehingga dapat dijadikan evaluasi untuk kedepannya agar lebih baik. Guru mempunyai tanggung jawab untuk mengawasi peserta didik disaat pembelajaran berlangsung. Kelima tahapan kegiatan evaluasi program penguatan pendidikan karakter meliputi (1) menyusun rencana evaluasi (2) mengawasi (supervisi) (3) mengolah data (4) rapat perbaikan. vii Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada (1) kepala SD Negeri Bunulrejo 2 Malang agar lebih meningkatkan pengelolaan kegiatan penguatan pendidikan karakter dengan membuat program-program baru guna menunjang program pendidikan karakter agar dapat berjalan secara maksimal. (2) Bagi masyarakat penelitian ini dapat sebagai sumber referensi masyarakat dalam memilih sekolah untuk putra-putrinya (3) Bagi Akademisi Jurusan Administrasi/Manajemen Pendidikan penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan pengembangan keilmuan baru di bidang pengelolaan sekolah (4) Bagi peneliti lain penelitian ini bermanfaat sebagai rujukan dalam mengembangkan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |