Likasari, Gati Ayu (2012) Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kecakapan berpikir kritis (critical thinking) dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-6 di SMA Negeri 1 Leces / Gati Ayu Likasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Inkuiri Kecakapan Berpikir Kritis Hasil Belajar Dunia pendidikan telah banyak melakukan perbaikan. Salah satunya adalah menciptakan banyak metode pembelajaran di sekolah salah satunya adalah metode inkuiri. Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada siswa. Menemukan merupakan bagian inti dari metode pembelajaran inkuiri. Metode pembelajaran di SMA Negeri 1 Leces masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas untuk kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong redah sedangkan hasil belajar siswa masih dibawah SKM . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hasil penerapan pembelajaran dengan metode inkuiri pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Leces untuk mengetahui apakah metode pembelajaran inkuiri mampu meningkatan kecakapan berpikir kritis siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Leces dan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran inkuiri meningkatan hasil belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Leces. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan sistem observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Leces dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa diantaranya 11 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Leces dengan alamat jalan raya Leces pada tanggal 9 Februari- 16 April 2011. Analisis data untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan analisis statistik deskriptif serta untuk mengetahui hasil belajar siswa mengunakan presentase pencapaian hasil belajar siswa setiap akhir tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa selama pemberian tindakan. Pada siklus I kemampuan berpikir siswa mencapai 52 6% diketegorikan Cukup Baik . Sedangkan pada siklus II mengalami perubahan positif presentase kemampuan berpikir siswa mencapai 63.1% dikategorikan Baik . Untuk siklus I siswa yang tuntas belajarnya berjumlah 11 siswa itu menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa di kelas X-6 pada siklus I belum tercapai dan ketuntasan belajar siswa di kelas X-6 hanya mencapai 28 9 %. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajarnya adalah 30 siswa dan ketuntasan belajar siswa di kelas X-6 pada siklus II mencapai 78 9 % itu menunjukkan bahwa terjadi kenaikan persentase pencapaian hasil belajar siswa antara siklus I ke siklus II. Jadi bisa disimpulkan bahwa pada siklus II ketuntasan belajar kelas X-6 telah tercapai.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri mampu meningkatkan kecakapan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Leces.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39089 |
Actions (login required)
View Item |