Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas / Agus Purwasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas / Agus Purwasih

Purwasih, Agus (2012) Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas / Agus Purwasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Implementasi Pendidikan karakter Mata Pelajaran Ekonomi Pendidikan karakter di beberapa negara sudah diterapkan dan mendapatkan prioritas utama. Namun di Indonesia pendidikan karakter masih dianggap sebuah wacana dan belum diintegrasikan dalam pendidikan formal. Pada tahun 2010 pemerintah telah mensosialisasikan pendidikan karakter di tiap jenjang pendidikan. Kebijakan ini dilaksanakan oleh semua sekolah mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan perguruan tinggi. Pendidikan karakter adalah mengintegrasikan nilai karakter dan mengimplementasikannya pada setiap mata pelajaran. Guru tidak lagi memusatkan pada materi yang diajarkan saja namun guru juga bertugas untuk memasukkan nilai karakter ke dalam silabus dan rencana pembelajaran dan kemudian menerapkan nilai-nilai tersebut melalui aktifitas pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup implementasi pendidikan karakter faktor pendukung dan faktor penghambatnya serta hasil dari implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan termasuk jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami sehingga tidak ada batasan dalam memahami fenomena yang sedang dikaji. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Laboratorium UM untuk memberikan hasil penelitian yang luas dan lengkap. Penelitian ini mengambil subyek kelas X SMA Laboratorium UM dan kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh 3 kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi dapat dilihat dari silabus RPP serta proses pembelajaran di dalam kelas. Bentuk silabus dan RPP setiap sekolah formatnya berbeda namun memiliki tujuan yang sama. Silabus yang menerapkan pendidikan karakter menambahkan satu kolom karakter kolom tersebut berisi nilai karakter yang direncanakan guru sesuai dengan materi yang diajarkan dengan nilai karakter yang terkait dengan materi tersebut. Sedangkan dalam RPP nilai karakter dilihat dari indikator atau tujuan pembelajaran dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran. Nilai karakter yang dipilih dikaji berdasarkan materi pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik. Kedua faktor pendukung penerapan pendidikan karakter adalah pihak sekolah dan jajaran yang seesuaran instansi pendidikan yang terkait. Bentuk dukungan tersebut dapat dilihat dari penyediaan fasilitas dan sarana dalam implementasi pendidikan karakter. Dukungan dari pihak sekolah berupa diadakannya workshop dan dari dinas pendidikan dukungan tersebut dalam bentuk pemberian buku pedoman penerapan pendidikan karakter yang dapat dijadikan pedoman sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Faktor penghambat pendidikan karakter adalah waktu yang dibutuhkan untuk mebuat perangkat pembelajaran lebih lama karena harus memilah nilai karakter yang cocok untuk dilaksanakan sesuai dengan materi. Selain itu waktu yang lama dalam penyampaian nilai karakter didalam kelas juga merupakan faktor penghambat dalam pengimplementasian pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi. Ketiga implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas sudah baik. Namun penilaian pendidikan karakter dimasukkan dalam penilaian afektif. Hal itu karena belum adanya rubrik baku untuk menilai pendidikan karakter. Proses pembelajaran yang berlangsung juga sudah baik. Guru menyampaikan nilai karakter secara lebih luas kepada siswa tidak hanya terkait dengan nilai yang dimasukkan dalam silabus namun guru juga menyampaikan nilai karakter sesuai dengan kegiatan pembelajaran sehingga menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39086

Actions (login required)

View Item View Item