Meliana, Linda (2012) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomio kelas X di SMA Negeri 3 Probolinggo / Linda Meliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci tingkat intelegensi motivasi belajar kondisi sosial ekonomi keluarga prestasi belajar Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal meliputi faktor jasmaniah dan faktor psikologi serta faktor eksternal yang meliputi faktor lingkungan keluarga faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan masyarakat. Adapun faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor internal yang meliputi tingkat intelegensi dan motivasi belajar siswa serta faktor eksternal yaitu faktor lingkungan keluarga khususnya pada kondisi sosial ekonomi keluarga. Intelegensi sebagai unsur kognitif dianggap memegang peranan yang cukup penting dalam perkembangan prestasi seorang anak. Namun terkadang sering kali anak didik yang tergolong cerdas tampak bodoh karena tidak memiliki motivasi untuk mencapai prestasi sebaik mungkin. Hal ini menunjukkan bahwa seorang anak didik yang cerdas apabila memiliki motivasi yang rendah maka dia tidak akan mencapai prestasi akademik yang baik. Sebaliknya seorang anak didik yang kurang cerdas tetapi memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar maka dia akan mencapai prestasi akademik yang baik. Selain tingkat intelegensi dan motivasi belajar faktor eksternal yang berasal dari lingkungan keluarga yaitu kondisi sosial ekonomi keluarga juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi belajar anak. Namun disini tidak selalu anak yang berasal dari keluarga yang mampu selalu bisa mendapatkan prestasi yang paling tinggi karena dalam kenyataannya anak yang berasal dari keluarga yang kurang mampu juga tetap bisa bersaing dan mendapatkan prestasi yang baik bahkan lebih baik. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan pada tingkat intelegensi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 3 Probolinggo.(2) Ada pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 3 Probolinggo. (3) Ada pengaruh yang signifikan pada kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 3 Probolinggo (4) Ada pengaruh secara simultan pada tingkat intelegensi motivasi belajar dan keadaan sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 3 Probolinggo. Asumsi pada penelitian ini yaitu (1) prestasi belajar peserta didik berbeda tingkat intelegensi masing-masing peserta didik berbeda (2) motivasi belajar yang dimiliki masing-masing peserta didik berbeda (3) keadaan ekonomi keluarga masing-masing peserta didik berbeda (4) semua responden menjawab pertanyaan peneliti dengan jujur sesuai dengan keadaan sebenarnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 3 Probolinggo yang berjumlah 193 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus slovin dengan menggunakan teknik random sampling dan diperoleh 130 responden. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian survei dengan teknik analisis regresi linier berganda. Variabel penelitiannya antara lain tingkat intelegensi (X1) motivasi belajar siswa (X2) kondisi sosial ekonomi keluarga (X3) dan prestasi belajar (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner observasi lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat intelegensi siswa mayoritas berada pada tingkat kecerdasan normal yaitu sebesar 73 08% atau sebanyak 95 siswa dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0 005 945 0 05 yang artinya tingkat intelegensi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Probolinggo (2) motivasi belajar siswa mayoritas tergolong cukup baik yaitu sebesar 53 85% atau sebanyak 70 siswa dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0 002 945 0 05 yang artinya motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Probolinggo (3) mayoritas siswa atau sebanyak 55 siswa (42 31%) berada dalam kondisi sosial ekonomi keluarga yang kurang baik dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0 987 945 0 05 yang artinya kondisi sosial ekonomi keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Probolinggo dan (4) jika dilihat pengaruhnya secara simultan maka diperoleh nilai probabilitas sebesar 0 001 0 05 yang artinya tingkat intelegensi motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi keluarga memiliki pengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Probolinggo. Saran yang diajukan adalah (1) bagi guru khususnya guru ekonomi diharapkan mampu menilai perkembangan siswanya karena setiap siswa pastilah mempunyai permasalahan atau kesulitan belajar yang berbeda-beda. (2) bagi siswa diharapkan untuk terus belajar dengan baik agar dapat mencapai hasil belajar yang maksimal serta dapat memotivasi diri sendiri agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik. (3) bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian di tempat/ jenjang pendidikan yang berbeda serta mengembangkan permasalahan yang dibahas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |