Rusdiyana, Athi` Firliya (2025) Pengembangan bahan ajar menulis artikel ilmiah bermuatan nilai Pancasila-rahmatan lil alamin untuk siswa kelas XI Riset Madrasah Aliyah / Athi\' Firliya Rusdiyana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan menulis artikel ilmiah bermuatan nilai Pancasila-rahmatan lil alamin untuk siswa kelas XI riset Madrasah Aliyah. Pengembangan bahan ajar dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan yang menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis artikel ilmiah khususnya dalam merumuskan masalah menyusun kerangka teori menentukan metode penelitian serta menganalisis data. Kesulitan ini disebabkan oleh belum tersedianya bahan ajar yang dapat mendukung proses pembelajaran menulis artikel ilmiah secara sistematis. Oleh karena itu bahan ajar ini disusun berdasarkan kebutuhan siswa serta menanamkan nilai Pancasila-rahmatan lil alamin untuk menanamkan nilai baik etika penelitiam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg amp Gall yang meliputi tujuh tahap yaitu meliputi (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji kelayakan (5) revisi produk (6) uji coba lapangan diaplikasikan sebagai uji skala kecil dan (7) penyempurnaan produk akhir. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar menulis artikel ilmiah dengan judul Mahir Menulis Artikel Ilmiah yang terdiri dari dua unit pembelajaran menulis artikel ilmiah populer dan menulis artikel ilmiah hasil penelitian Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat layak diimplementasikan dengan perolehan rata-rata kelayakan isi dan penyajian 87% kelayakan muatan nilai Pancasila-rahmatan lil alamin 91% kelayakan kebahasaan 91% dan kelayakan kegrafikaan 84%. Respon siswa terhadap bahan ajar juga menunjukkan hasil positif dengan perolehan rata-rata 84% (layak). Bahan ajar ini terbukti efektif dalam membantu siswa memahami dan mengembangkan keterampilan menulis artikel ilmiah yang sistematis dan terstruktur. Kebaharuan yang diperoleh dari pengembangan bahan ajar ini adalah penggunaan muatan nilai Pancasila-rahmatan lil alamin. Melalui muatan ini melatih siswa untuk berpikir kritis dan sistematis proses tersebut juga menjadi media internalisasi karakter Islami yang moderat toleran dan peduli terhadap sesama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |