Bidi, Venansius Sandro (2025) Komunikasi fatis berbasis budaya Ende dalam interaksi kelas di SMPK Frateran Ndao / Venansius Sandro Bidi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Venansius Sandro Bidi. 2025. Komunikasi Fatis Berbasis Budaya Ende dalam Interaksi Kelas di SMPK Frateran Ndao. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Martutik M.Pd. (II) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd.Kata Kunci Komunikasi fatis intraksi kelasKomunikasi fatis berbasis budaya Ende sangatlah penting untuk dikaji karena bentuk satuan bahasa yang digunakan dalam komunikasi fatis tersebut selalu digunakan oleh guru dan siswa dalam interaksi kelas pada proses pembelajaran. Komunikasi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tersebut berupa komunikasi fatis secara verbal dan nonverbal. Komunikasi fatis digunakan untuk memperkuat ikatan sosial dalam sebuah interaksi. Dikatakan demikian karena penggunaan komunikasi fatis dapat menciptakan kesenangan bagi penutur dan mitra tutur serta mampu memecahkan keheningan sehingga interaksi yang baik dapat tercipta. Dalam penerapannya komunikasi fatis tersebut berfungsi untuk memulai percakapan mengukuhkan percakapan serta mengakhiri percakapan dalam proses pembelajaran. Objek kajian penelitian ini dipusatkan pada tiga fokus. Pertama bentuk satuan bahasa dalam komunikasi fatis berbasis budaya Ende pada interaksi guru dan siswa di SMPK Frateran Ndao. Kedua fungsi komunikasi fatis berbasis budaya Ende dalam pembelajaran di SMPK Frateran Ndao.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi terhadap bentuk satuan bahasa dalam tuturan fatis dan fungsi tuturan fatis berbasis budaya Ende yang digunakan oleh guru dan siswa maupun sesama siswa dalam kegiatan pembelajaran. Data penelitian ini berupa bentuk satuan bahasa komunikasi fatis guru dan siswa serta fungsi tuturan dalam komunikasi fatis guru dan siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi untuk mengamati dan mencatat tuturan guru dan siswa yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selain melakukan observasi peneliti juga melakukan rekaman video untuk mendukung kelengkapan data ketika proses pengamatan berlangsung. Setelah proses observasi selesai peneliti melakukan wawancara dengan guru untuk mengumpulkan informasi terkait penerapan komunikasi fatis serta makna dari bentuk fatis yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tersebut.Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa terdapat bentuk satuan bahasa dalam komunikasi fatis yang digunakan oleh guru dan siswa maupun sesama siswa adalah tuturan fatis secara verbal dan nonverbal. Penggunaan komunikasi fatis verbal tersebut berupa bentuk satuan bahasa yang meliputi partikel kata frasa serta kalimat berbasis budaya Ende sedangkan komunikasi fatis nonverbal berupa ekspresi dan bahasa tubuh yang disampaikan untuk mengkuti tuturan verbal. Selain bentuk satuan bahasa dalam komunikasi fatis hasil penelitian ini juga memaparkan tentang fungsi komunikasi fatis berbasais budaya Ende. Fungsi komunikasi fatis tersebut berupa pernyataan untuk memulai percakapan mengukuhkan percakapan serta mengakhiri percakapan.Berdasarkan gambaran secara umum pada penjelasan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan komunikasi fatis di SMPK Fraeran Ndao selalu digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan hampir setiap guru menggunakan komunikasi fatis baik di awal perjumpaan disela-sela pembelajaran maupun diakhir pembelajaran dalam berinteraksi bersama siswa. Penggunaan komunikasi fatis yang lebih dominan dalam kegiatan pembelajaran tersebut adalah penggunaan bentuk satuan bahasa dalam tuturan secara verbal baik pada partikel kata frasa maupun kalimat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan komunikasi fatis tersebut sangat dibutuhkan karena mampu menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian tentang komunikasi fatis berbasis budaya dalam interaksi kelas masih sangat minim sehingga sangat diharapkan bagi para peneliti lanjutan untuk melakukan kajian tentang komunikasi fatis dalam lingkungan komunikasi yang berbeda sehingga dapat memberikan pengetahuan yang baru bagi pembaca dan pengguna bahasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |