Hariyadi, Rofik Hariyadi (2025) Pengembangan bahan ajar menulis cerpen berbasis kehidupan pesantren untuk siswa kelas XI MA / Rofik Hariyadi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis cerpen berbasis kehidupan pesantren bagi siswa kelas XI MA Miftahul Ulum 2 Lumajang. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah perlunya penguatan keterampilan menulis cerpen pada siswa khususnya dalam menggali ide cerita dan menyusun unsur intrinsik cerpen serta belum tersedianya bahan ajar yang kontekstual dengan kehidupan pesantren. Pengembangan bahan ajar dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan yang menunjukkan bahwa siswa masih jarang menulis cerpen secara mandiri dan membutuhkan bimbingan intensif dalam menulis. Pembelajaran menulis cerpen masih bersifat umum dan belum mengintegrasikan nilai-nilai kehidupan pesantren secara maksimal meskipun siswa menyatakan tertarik dengan tema-tema khas pesantren. Guru pun mengahadapi kendala keterbatasan bahan ajar dan media yang sesuai dengan konteks pesantren serta kurangnya inovasi dalam metode mengaitkan pembelajaran sastra dengan realitas keseharian santri dan konteks lokal madrasah. Oleh karena itu bahan ajar ini disusun berdasarkan kebutuhan siswa serta menanamkan nilai dan budaya pesantren sebagai sumber inspirasi penulisan dengan tujuan memperkuat keterampilan menulis cerpen yang berakar pada pengalaman spiritual sosial dan kultural yang relevan dengan kehidupan sehari-hari di pesantren. Pengembangan bahan ajar ini dilandasi oleh lima aspek utama yang dikaji dalam tinjauan pustaka yaitu konsep bahan ajar pembelajaran menulis cerpen di tingkat SMA/MA proses kreatif menulis cerpen hakikat cerpen dan unsur-unsurnya serta kehidupan pesantren sebagai konteks tematik. Kajian tentang bahan ajar menegaskan pentingnya sumber belajar yang otentik komunikatif dan sesuai dengan karakteristik siswa (Prastowo 2013 Gadd amp Parr 2025). Sementara itu pembelajaran menulis cerpen di tingkat menengah menekankan pentingnya keterampilan apresiasi dan produksi teks sastra secara sistematis (Mahsun 2014 Calafato amp Hunstadbr aring ten 2024). Proses kreatif menulis cerpen dibahas sebagai aktivitas yang bersifat personal dan reflektif melibatkan tahapan ideasi perencanaan penulisan dan revisi (Morley 2007 Alwasilah 2024). Pemahaman tentang struktur dan unsur cerpen juga menjadi landasan penting dalam menyusun bahan ajar yang mendalam dan terarah (Nurgiyantoro 2012). Terakhir kehidupan pesantren diposisikan sebagai sumber inspirasi yang kaya nilai spiritual dan budaya yang direpresentasikan dalam tiga tema utama romansa horor dan inspiratif pesantren (Fitri amp Ondeng 2022 Widodo dkk. 2022). Kelima subkajian tersebut menjadi pijakan konseptual dalam menyusun bahan ajar yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan siswa MA Miftahul Ulum 2 Lumajang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg amp Gall yang meliputi tujuh tahap yaitu meliputi (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji kelayakan (5) revisi produk (6) uji coba lapangan diaplikasikan sebagai uji skala kecil dan (7) penyempurnaan produk akhir. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar menulis cerpen dengan judul Merajut Cerita Kehidupan Pesantren Bahan Ajar Menulis Cerpen untuk Siswa Kelas XI SMA/MA yang terdiri dari tiga unit pembelajaran memahami dan menghayati cerita kehidupan pesantren bengkel kolaboratif penulis cerita dan galeri refleksi sang penulis. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat layak diimplementasikan dengan perolehan rata-rata kelayakan isi dan penyajian 93% kelayakan kebahasaan 95% kelayakan kegrafikaan 91% kelayakan muatan kehidupan pesantren 93% dan kelayakan pengemasan 95%. Respon siswa terhadap bahan ajar juga menunjukkan hasil positif dengan perolehan rata-rata 86% (sangat layak). Bahan ajar ini terbukti efektif dalam membantu siswa memahami dan mengembangkan keterampilan menulis cerpen yang sistematis dan terstruktur. Kajian produk yang dikembangkan dalam penelitian ini mencakup lima aspek utama yang saling melengkapi yaitu kajian isi dan penyajian kebahasaan kegrafikan integrasi kehidupan pesantren dan pengemasan bahan ajar. Kajian isi dan penyajian menyoroti kejelasan struktur bahan ajar yang dibagi dalam tiga unit pembelajaran yang mengadopsi pendekatan inquiry kolaboratif dan reflektif. Dari sisi kebahasaan dilakukan penyesuaian gaya bahasa instruksional agar lebih imajinatif komunikatif dan selaras dengan konteks pesantren termasuk penambahan glosarium istilah khas pondok. Kajian kegrafikan difokuskan pada tampilan visual seperti ilustrasi tipografi dan layout yang mendukung suasana khas pesantren serta memudahkan navigasi pembelajaran. Aspek integrasi kehidupan pesantren menjadi sorotan utama dengan dimasukkannya narasi simbol dan nilai-nilai khas pondok dalam setiap unit pembelajaran. Terakhir pengemasan bahan ajar didesain modular dan fungsional dilengkapi dengan elemen navigatif indeks dan lampiran pedagogis lainnya agar mendukung keberfungsian dan fleksibilitas pemanfaatan dalam berbagai konteks pembelajaran di madrasah. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada pengembangan bahan ajar yang secara sistematis mengintegrasikan kehidupan pesantren ke dalam pembelajaran menulis cerpen. Bahan ajar ini dirancang dengan muatan khas pesantren seperti nilai keikhlasan kesederhanaan kemandirian ukhuwah dan semangat pengabdian yang diangkat melalui tema-tema cerpen romansa horor dan inspiratif pesantren. Melalui integrasi nilai suasana dan budaya pesantren yang otentik siswa tidak hanya belajar menulis secara kreatif tetapi juga merefleksikan kehidupan mereka sebagai santri. Cerpen yang dihasilkan menjadi cerminan pengalaman dan pandangan hidup mereka di lingkungan pesantren sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna kontekstual dan mengakar pada realitas kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |