Pengembangan bahan ajar menulis teks esai bermuatan wawasan nusantara dan kemaritiman untuk peserta didik kelas XII SMAN Taruna Nala Malang / Nurul Khisbiyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis teks esai bermuatan wawasan nusantara dan kemaritiman untuk peserta didik kelas XII SMAN Taruna Nala Malang / Nurul Khisbiyah</p>

Khisbiyah, Nurul (2025) Pengembangan bahan ajar menulis teks esai bermuatan wawasan nusantara dan kemaritiman untuk peserta didik kelas XII SMAN Taruna Nala Malang / Nurul Khisbiyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis teks esai bermuatan wawasan nusantara dan kemaritiman untuk peserta didik kelas XII SMAN Taruna Nala Malang. Pengembangan bahan ajar menulis teks esai bermuatan wawasan nusantara dan kemaritiman dilatarbelakangi oleh pembelajaran menulis yang menjadi pelajaran yang dihindari oleh peserta didik. Penyebabnya adalah peserta didik memiliki kesulitan mengikuti tahapan menulis perbendaharaan diksi yang kurang memadai serta tema yang diangkat menjadi karya tulis tidak bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Hal tersebut memerlukan bahan ajar yang berisi tahapan-tahapan menulis yang jelas serta muatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Keterbaruan penelitian ini terletak pada pengintegrasian materi dari kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman dengan pembelajaran bahasa Indonesia kompetensi menulis teks esai melalui penelitian ini bahan ajar yang dikembangkan dikhususkan untuk peserta didik kelas XII di SMAN Taruna Nala Malang yang telah melaksanakan program dalam kurikulum tersebut. Urgensi penelitian ini terletak pada pengembangan tahapan menulis teks esai serta keterkaitan muatan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik guna memudahkan peserta didik dalam mengembangkan sebuah teks. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan 4D Thiagarajan yang terdiri atas pendefinisian pendesainan pembuatan produk dan pendeseminasian. Tahap pertama pengembangan adalah dengan mendefinisikan analisis kebutuhan awal. Data analisis kebutuhan awal diperoleh dari kegiatan wawancara dan observasi pada guru mata pelajaran bahasa indonesia SMAN Taruna Nala Malang. Tahap kedua pengembangan adalah mendesain bahan ajar berdasarkan perolehan data analisi kebutuhan awal dan merumuskan data tersebut menjadi konstruksi awal bahan ajar. Tahap ketiga adalah pembuatan bahan ajar dan uji produk oleh para validator. Pembuatan bahan ajar diawali dengan membuat modul ajar berdasarkan konstruksi awal modul tersebut menggunakan format modul kurikulum merdeka. Setelah menyelesaikan pembuatan modul dan rincian kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya adalah membuat bahan ajar. Pada tahap ketiga dilakukan uji produk. Validator uji produk dari dosen ahli terdiri atas Prof. Dr. Kusubakti Andajani M. Pd. Dr. Imam Agus Basuki M. Pd. dan Dr. Gatut Susanto M. M. M. Pd. Validator praktisi pembelajar adalah Miftahul Hasanah M. Pd. dan Dwi Fikriyah S. Pd. Data hasil uji validasi berupa angka-angka yang diuji untuk menentukan validasi dan kelayakan produk bahan ajar yang dikembangkan. Tahap keempat adalah penyebarluasan. Bahan ajar yang sudah melalui tahap validasi akan disebarkan di SMAN Taruna Nala Malang dan akan diterbitkan di CV. Madza Media. Bahan ajar tersebut telah memeroleh HAKI sebagai bentuk perlindungan terhadap produk yang dihasilkan. Hasil validasi dari dosen ahli diperoleh rata-rata presentase 82 3% dengan kategori cukup baik. Validasi dari dosen ahli menunjukkan arti bahan ajar ini layak untuk disebarluaskan setelah memeroleh perbaikan sedikit. Hasil validasi dari dua praktisi pembelaj diperoleh rata-rata presentase 95% dengan kategori sangat baikPenelitian ini dibatasi sampai dengan menguji hasil validitas dan kelayakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390824

Actions (login required)

View Item View Item