Pengembangan model pembelajaran menulis teks iklan bertema pariwisata berbantuan sumber belajar multimodal untuk siswa kelas VII SMP / Anna Maghfiroh</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran menulis teks iklan bertema pariwisata berbantuan sumber belajar multimodal untuk siswa kelas VII SMP / Anna Maghfiroh</p>

Maghfiroh, Anna (2025) Pengembangan model pembelajaran menulis teks iklan bertema pariwisata berbantuan sumber belajar multimodal untuk siswa kelas VII SMP / Anna Maghfiroh</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan menulis teks iklan menjadi salah satu kemampuan menulis yang harus dimiliki sisiwa kelas VIII SMP. Pada pembelajaran menulis teks iklan dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif agar dapat menarik perhatian siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Model pembelajaran yang inovatif selain menarik bagi siswa juga sebaiknya memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Model pembelajaran yang akan dikembangkan pada penelitian ini adalah model pembelajaran menulis teks iklan bertema pariwisata berbantuan sumber belajar multimodal. Multimodal merupakan model pembelajaran yang menghubungkan informasi dari berbagai sumber dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Teks multimodal meliputi elemen visual audio dan teknologi yang diramu untuk menciptakan makna. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa model pembelajaran untuk menulis teks iklan bertema pariwisata berbantuan sumber belajar multimodal dengan panduan penggunaannya dan (2) mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran menulis teks iklan bertema pariwisata berbantuan sumber belajar multimodal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1985) yaitu Research and Development. Tahap pengembangan meliputi 1) tahap studi awal 2) tahap perencanaan 3) tahap pengembangan desain 4) tahap uji ahli 5) tahap revisi produk 6) tahap uji coba lapangan terbatas dan 7) tahap revisi produk akhir. Data penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Data kualitatif tertulis berupa kritik dan saran dari para ahli dan praktisi yang ditulis pada lembar angket dan data kualitatif lisan berupa hasil wawancara dan observasi dari praktisi. (2) Data kuantitatif diperoleh dari lembar validasi ahli pembelajaran praktisi dan skor menulis teks iklan siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) terdapat kesulitan dalam proses menulis pada bagian struktur menulis pernyataan menarik dari suatu produk iklan dan kesulitan membuat kalimat persuasif sehingga diperlukan inovasi model pembelajaran (2) dihasilkan model pembelajaran menulis teks iklan bertema pariwisata berbantuan sumber belajar multimodal dengan komponen sintaks sistem sosial prinsip reaksi dan sistem pendukung (3) uji validasi ahli pembelajaran 1 memperoleh hasil 87% validasi ahli pembelajaran 2 memperoleh hasil 90% validasi dari praktisi 1 memperoleh hasil 90% validasi dari praktisi 2 memperoleh hasil 88% uji coba lapangan terbatas memperoleh rata-rata skor siswa 87 (4) model pembelajaran telah disebarluaskan terbatas kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah uji coba. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran layak dan dapat diaplikasikan sebagai alternatif pengajaran pada komptensi menulis teks iklan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390821

Actions (login required)

View Item View Item