Pengembangan bahan ajar berbasis web menulis puisi bermuatan pendidikan ekologi / Agung Andana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis web menulis puisi bermuatan pendidikan ekologi / Agung Andana</p>

Andana, Agung (2025) Pengembangan bahan ajar berbasis web menulis puisi bermuatan pendidikan ekologi / Agung Andana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbalakangi peran penting bahan ajar dalam mendukung proses pembelajaran terutama dalam meningkatkan kompetensi peserta didik termasuk dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis puisi berbasis web menulis puisi bermuatan pendidikan ekologi. Menulis puisi merupakan keterampilan berbahasa yang kompleks menuntut kemampuan kognitif linguistik dan kreatif secara simultan. Peserta didik kerap menghadapi berbagai tantangan dalam proses ini terutama dalam menentukan tema merumuskan ide serta memilih diksi yang tepat untuk menyampaikan pesan secara estetis dan bermakna. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan mengintegrasikan pendidikan ekologi dalam pembelajaran menulis puisi. Integrasi ini tidak hanya membantu peserta didik dalam menemukan inspirasi dari fenomena lingkungan sekitar tetapi juga menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Selain itu dalam era digital pengembangan bahan ajar berbasis web menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas pembelajaran. Dengan menggabungkan aspek teknologi dan muatan pendidikan ekologi dalam bahan ajar menulis puisi peserta didik dapat lebih termotivasi dalam menulis serta memiliki kesadaran yang lebih tinggi terhadap isu-isu lingkungan. Penelitian dan pengembangan ini menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Develop Implement dan Evaluate) untuk menghasilkan produk penelitian berupa bahan ajar berbasis web menulis puisi bermuatan pendidikan ekologi untuk peserta didik kelas X SMA. Tahap analisis dilakukan melalui empat kegiatan analisis yakni analisis kurikulum analisis buku ajar wawancara dengan guru Bahasa Indonesia di SMAN 7 Malang dan angket prapengembangan peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa diperlukan bahan ajar berupa panduan menulis puisi yang interaktif dan berbasis web guna memudahkan peserta didik dalam memilih tema dan diksi serta mendukung aksesibilitas pembelajaran kapan pun dan di mana pun. Tahap kedua adalah desain bahan ajar yaitu merancang prototipe bahan ajar dengan spesifikasi produk yang dihasilkan berdasarkan tahap analisis. Tahap ketiga adalah pengembangan bahan ajar yang dilakukan dengan mengembangkan bahan ajar berbasis web sesuai dengan desain yang ditentukan. Selanjutnya bahan ajar diuji validasi oleh dua dosen ahli materi menulis dan satu dosen ahli teknologi pembelajaran. Setelah dinyatakan sangat layak tahap selanjutnya adalah implementasi yang dilakukan di SMAN 7 Malang. Setelah selesai melakukan uji lapangan pengguna bahan ajar (guru dan peserta didik) memberikan penilaian sebagai respons pengguna. Khusus untuk tahap evaluasi dilakukan pada keempat tahap sebelumnya sehingga evaluasi terintegrasi pada setiap tahap pengembangan. Hasil uji validasi produk bahan ajar pada tahap pengembangan dibagi menjadi tiga bagian penting yaitu (1) validasi isi bahan ajar (2) validasi bahasa bahan ajar dan (3) validasi tampilan bahan ajar. Hasil validasi menurut dua ahli materi menulis puisi terkait isi bahan ajar mendapat skor rata-rata 89 2% (kategori sangat layak) dan hasil validasi bahasa bahan ajar mendapat skor rata-rata 95% (kategori sangat layak) sedangkan untuk hasil validasi tampilan bahan ajar mendapat skor rata-rata 87 5% (kategori sangat layak) dari dua ahli materi menulis puisi dan mendapat skor rata-rata 89 6% (kategori sangat layak) dari penilaian ahli teknologi pembelajaran. Hasil uji lapangan pada tahap implementasi bahan ajar mendapatkan skor rata-rata 90 3% (kategori sangat layak) dari penilaian guru dan mendapat skor rata-rata 90 3% dari penilaian uji lapangan oleh peserta didik. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba lapangan bahan ajar berbasis web menulis puisi bermuatan pendidikan ekologi sangat layak dan dapat diimplementasikan. Setelah melakukan seluruh tahap pengembangan penelitian ini mengungkap beberapa temuan penting terkait pengembangan bahan ajar berbasis web menulis puisi. Pertama ruang lingkup isi materi mencakup panduan memilih tema menentukan diksi serta langkah-langkah menulis puisi secara sistematis membantu peserta didik dalam menulis puisi. Kedua muatan pendidikan ekologi dalam bahan ajar memberi motivasi dan inspirasi dalam menulis puisi serta memberi pemahaman pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Ketiga bahan ajar ini terbukti meningkatkan produktivitas siswa dalam menghasilkan karya puisi yang lebih beragam dan berkualitas. Keempat interaksi peserta didik dengan materi berbasis web tergolong tinggi karena seluruh peserta didik berpartisipasi aktif dalam berlatih menulis puisi melalui game daring LKDP (Lembar Kerja Peserta Didik) dan publikasi puisi dalam web bahan ajar. Namun demikian kendala yang ditemukan meliputi kendala aksesibilitas karena tidak semua peserta didik memiliki akses internet yang stabil atau perangkat yang memadai untuk mengakses bahan ajar berbasis web. Bahan ajar ini juga belum menyediakan menu untuk dapat mengerjakan rancangan puisi ekologis langsung di dalam situs web.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390820

Actions (login required)

View Item View Item