Upaya meningkatkan minat dan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran kewirausahaan melalui metode problem based learning berbasis kecakapan hidup (life skills) siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang / Elok Indyah Rini - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan minat dan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran kewirausahaan melalui metode problem based learning berbasis kecakapan hidup (life skills) siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang / Elok Indyah Rini

Rini, Elok Indyah (2012) Upaya meningkatkan minat dan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran kewirausahaan melalui metode problem based learning berbasis kecakapan hidup (life skills) siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang / Elok Indyah Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran kewirauasahaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Metode Problem Based Learning Berbasis Life Skill. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks sebagai tindakan maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Seiring dengan perkembangan zaman siswa dituntut untuk mempunyai kecakapan hidup sebagai kecakapan untuk bekerja selain kecakapan untuk berorientasi ke jalur akademik. Unsur-unsur yang terkait dengan proses pembelajaran terdiri dari motivasi belajar bahan belajar alat bantu belajar suasana belajar kondisi subjek belajar dan yang paling utama adalah minat siswa. Oleh sebab itu diperlukan strategi pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan belajar dan menciptakan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mencapai kecakapan hidup. Strategi bisa diartikan sebagai pola umum kegiatan guru peserta didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang digariskan. Strategi belajar dapat diimplementasikan dengan metode pembelajaran salah satunya metode problem based learning berbasis life skill. Penelitian ini sangat penting mengingat metode pembelajaran merupakan hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu pembelajaran yang dapat mempengaruhi minat siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa. Oleh sebab itu alangkah baiknya apabila kita dapat mengetahui fakor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat dan keterampilan berpikir kritis sehingga dapat meningkatkan aspek-aspek tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Minat siswa pada mata pelajaran kewirausahaan setelah diterapkan metode problem based learning berbasis life skill 2) Keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran kewirausahaan setelah mengikuti pembelajaran problem based learning berbasis life skill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan/observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah kelas X Kewirausahaan di SMK Negeri I Jombang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes tulis yang dilaksanakan pada akhir siklus lembar observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa keterampilan berpikir kritis siswa. Minat siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode angket. Kegiatan siswa dan guru dicatat dalam catatan lapangan dan pengamatan partisipan serta dokumentasi untuk penguatan terhadap hasil penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa dari penilaian berbasis life skill pada siklus I diketahui bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis yang dilihat dari kecakapan personal kecakapan berpikir rasional kecakapan sosial dan kecakapan akademik yaitu 66% dan pada siklus II rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 88%. Dalam nilai pos tes siklus I ketuntasan belajar secara klasikal berjumlah 80%. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal berjumlah 89%. Minat siswa menunjukkan bahwa di siklus I 1 siswa yang menyatakan kurang berminat pada mata pelajaran kewirausahaan sedangkan pada siklus II sudah meningkat tidak ada sama sekali siswa yang menyatakan tidak berminat pada mata pelajaran kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari siklus I ke siklus II meningkat 3) minat siswa terhadap mata pelajaran kewirausahaan dari siklus I ke siklus II meningkat. Adapun saran yang diberikan 1) Bagi guru disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran seperti ini 2) Untuk peserta didik lebih meningkatkan keberaniannya dalam mengajukan pertanyaan dan jawaban karena semakin aktif siswa dalam pembelajaran seperti ini semakin baik. 4) Bagi peneliti berikutnya diharapkan menggunakan pembelajaran problem based learning berbasis life skill pada mata pelajaran yang sama atau beda namun dalam tempat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39081

Actions (login required)

View Item View Item