Hubungan persepsi tentang kualitas dan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua peserta didik sekolah menengah kejuruan negeri di Kota Mojokerto / Dyah Ayu Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi tentang kualitas dan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua peserta didik sekolah menengah kejuruan negeri di Kota Mojokerto / Dyah Ayu Ningsih

Ningsih, Dyah Ayu (2018) Hubungan persepsi tentang kualitas dan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua peserta didik sekolah menengah kejuruan negeri di Kota Mojokerto / Dyah Ayu Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ningsih Dyah Ayu. 2018. Hubungan Persepsi Tentang Kualitas dan Pelayanan Pendidikan dengan Kepuasan Orang Tua Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Mojokerto. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ali Imron M. Pd. M. Si. (II) Teguh Triwiyanto S. Pd. M. Pd. Kata Kunci persepsi pelayanan dan kepuasan. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor penting bagi suatu lembaga pendidikan. Kepuasan pelanggan adalah sebuah tolok ukur suatu lembaga pendidikan apakah bisa dianggap sudah berhasil atau belum. Lembaga pendidikan bisa dikatakan berhasil jika pelanggan merasa puas dengan apa yang diberikan oleh lembaga tersebut. Jika pelanggan merasa tidak puas maka bisa dikatakan lembaga tersebut telah gagal dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) persepsi orang tua peserta didik tentang kualitas pendidikan (2) persepsi orang tua peserta didik tentang pelayanan pendidikan (3) persepsi orang tua peserta didik tentang kepuasan orang tua peserta didik (4) hubungan antara persepsi tentang kualitas pendidikan dengan kepuasan orang tua peserta didik (5) hubungan antara persepsi pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua peserta didik (6) hubungan antara persepsi tentang kualitas pendidikan dengan persepsi pelayanan pendidikan dan (7) hubungan persepsi tentang kualitas dan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua peserta didik SMK Negeri di Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 345 orang tua peserta didik dari populasi sejumlah 2.508 orang tua peserta didik dengan lokasi penelitian SMK Negeri di Kota Mojokerto. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif (mean) dan teknik analisis regresi ganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) for Windows versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) persepsi orang tua peserta didik tentang kualitas pendidikan SMK Negeri di Kota Mojokerto masuk dalam kategori sedang (2) persepsi orang tua peserta didik tentang pelayanan pendidikan SMK Negeri di Kota Mojokerto masuk dalam kategori tinggi (3) persepsi orang tua peserta didik tentang kepuasan orang tua peserta didik SMK Negeri di Kota Mojokerto masuk dalam kategori sedang (4) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi tentang kualitas pendidikan dengan kepuasan orang tua peserta didik SMK Negeri di Kota Mojokerto (5) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua peserta didik SMK Negeri di Kota Mojokerto (6) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi tentang kualitas pendidikan dengan persepsi pelayanan pendidikan SMK Negeri di Kota Mojokerto dan (7) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi tentang kualitas pendidikan dan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua peserta didik SMK Negeri di Kota Mojokerto. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu (1) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat persepsi orang tua peserta didik tentang kualitas pendidikan masuk dalam kategori sedang. Kondisi ini diharapkan dapat memberikan masukan terhadap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur khususnya dalam pendidikan sekolah menengah kejuruan agar meningkatkan kualitas pendidikan. Jika kualitas pendidikan semakin tinggi maka akan semakin tinggi pula kepuasan orang tua peserta didik (2) Kepala SMK Negeri di Kota Mojokerto sebaiknya meningkatkan kualitas pendidikan karena berdasarkan hasil penelitian kualitas pendidikan SMK Negeri di Kota Mojokerto masuk dalam kategori sedang. Semakin bagus kualitas pendidikan maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan orang tua peserta didik (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perkuliahan mahasiswa administrasi pendidikan sehingga mahasiswa dapat memperdalam ilmu pengetahuan yang terkait dengan hubungan persepsi kualitas pendidikan dan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua peserta didik dan (4) Peneliti Lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi bagi peneliti yang akan melakukan penelitian selanjutnya dengan tema yang sama. Peneliti lain yang akan melakukan penelitian terkait dengan kepuasan orang tua peserta didik diharapkan peneliti menggunakan variabel yang lain dan selaras dengan kepuasan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item