Kristiana, Wilda Putri (2025) Pengelolaan pendidikan nonformal dalam meningkatkan minat masyarakat pada bimbingan belajar genius education course Blitar / Wilda Putri Kristiana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini berfokus pada pentingnya lembaga pendidikan nonformal dalam menarik minat konsumen karena hal ini dapat meningkatkan pendapatan memperluas pangsa pasar dan menjaga stabilitas operasional. Bimbingan Belajar Genius Education Course (GEC) Blitar menjadi objek penelitian karena meskipun tidak memberikan pelatihan kepada tutornya GEC tetap diminati peserta didik sejak tahun 2022. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana GEC mengelola operasionalnya untuk menarik minat masyarakat sehingga tetap relevan hingga saat ini. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penentuan sampel menggunakan teknik kuota. Riset ini dijadwalkan berlangsung dari Desember 2024 hingga Maret 2025. Rentang waktu ini memberikan kesempatan bagi peneliti untuk melakukan observasi wawancara dan analisis data mengenai cara GEC Blitar mengelola lembaganya untuk menarik minat masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan GEC Blitar didasarkan pada lima poin utama. Pertama dalam perencanaan lembaga ini menganalisis kebutuhan pasar dan gaya belajar siswa untuk menyesuaikan program dan strategi pemasaran. Mereka merumuskan tujuan dengan menonjolkan keunggulan serta menerapkan strategi pemasaran daring dan luring. Kedua aspek pengorganisasian melibatkan struktur peran pengelola admin dan tutor yang terkoordinasi melalui grup komunikasi daring. Pengelolaan sumber daya berfokus pada pengajaran yang adaptif dan alokasi anggaran promosi yang efektif antara media daring dan luring. Ketiga pelaksanaan dilakukan dengan merekrut tutor berdasarkan pengalaman mengajar menyesuaikan metode pengajaran dengan gaya belajar siswa memfokuskan promosi pada saluran yang paling banyak menghasilkan pendaftar dan menjaga komunikasi dengan konsumen melalui laporan perkembangan siswa. Keempat pengawasan dilakukan dengan memonitor kinerja tutor melalui umpan balik dari wali murid dan laporan kemajuan belajar siswa serta memastikan efisiensi operasional seperti keteraturan jadwal dan administrasi. Terakhir evaluasi dilaksanakan melalui survei kepuasan pelanggan bulanan analisis data pendaftaran dan retensi siswa penilaian efektivitas program dan strategi pemasaran serta perbandingan dengan pesaing untuk mengidentifikasi peluang peningkatan keunggulan lembaga. Berdasarkan temuan penelitian terdapat beberapa saran penting bagi berbagai pihak terkait pengelolaan Bimbingan Belajar GEC Blitar guna menarik minat masyarakat secara lebih optimal. Bagi peneliti disarankan untuk melakukan analisis kuantitatif yang lebih mendalam mengenai dampak setiap strategi terhadap minat masyarakat. Ini akan memberikan validasi yang lebih kuat terhadap hasil temuan. Untuk Pengelola Genius Education Course Blitar rekomendasi utamanya adalah mengadopsi strategi operasional berbasis data meningkatkan komunikasi adaptif dengan para pemangku kepentingan dan terus berinovasi melalui benchmarking untuk mempertahankan kualitas layanan. Langkah-langkah ini krusial untuk menjaga dan bahkan meningkatkan minat masyarakat. Sementara itu masyarakat diimbau untuk lebih cermat dalam memilih lembaga pendidikan. Pilihlah lembaga yang tidak hanya mengedepankan promosi menarik tetapi juga transparan dalam pemantauan kualitas pengajaran adaptif terhadap gaya belajar individu dan aktif dalam mengkomunikasikan perkembangan belajar peserta didik demi hasil yang optimal. Terakhir bagi peserta didik disarankan untuk lebih proaktif dalam menyampaikan kebutuhan belajarnya. Partisipasi aktif dan pemberian umpan balik sangat penting agar metode pengajaran dapat disesuaikan secara optimal yang pada akhirnya akan mendukung peningkatan perkembangan belajar mereka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |