Perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model group investigation dan think pair share pada mata pelajaran ekonomi (eksperimen pada kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang) / Ana Muntadirotul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model group investigation dan think pair share pada mata pelajaran ekonomi (eksperimen pada kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang) / Ana Muntadirotul Maghfiroh

Maghfiroh, Ana Muntadirotul (2012) Perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model group investigation dan think pair share pada mata pelajaran ekonomi (eksperimen pada kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang) / Ana Muntadirotul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar Siswa Group Investigation Think Pair Share Salah satu karakteristik KTSP adalah pembelajaran yang menuntut peralihan dari teacher centered menjadi student centered. Berbagai cara dapat dilakukan oleh guru agar siswa lebih berperan aktif salah satunya dengan menerapkan pembelajaran secara berkelompok. Think pair share merupakan salah satu model pembelajaran kelompok. Penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Wulandari (2008 64) menyimpulkan model pembelajaran think pair share cocok untuk diterapkan pada mata pelajaran ekonomi dan dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi. Penelitian ini membandingkan model pembelajaran think pair share dengan group investigation dimana group investigation juga merupakan salah satu model pembelajaran berkelompok. Group investigation merupakan model pembelajaran yang lebih kompleks dibandingkan dengan think pair share. Hal ini disebabkan jumlah anggota kelompok dalam GI (Group Investigation) lebih banyak daripada TPS. Sehingga memungkinkan adanya pendapat dan konflik dalam kelompok yang lebih banyak pula. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui secara empiris perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran group investigation dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran think pair share pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experiment dengan model pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran think pair share dan kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran group investigation. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t menggunakan independent-sample T test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terhadap gain value menunjukkan nilai signifikansi 0 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39077

Actions (login required)

View Item View Item