Zainul, Mochammad (2024) Penerapan modul ekonomi pertemuan peningkatan kapasitas keluarga dalam peningkatan literasi ekonomi keluarga (studi kasus di kelompok PKH Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang) / Mochammad Zainul</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Modul Ekonomi P2K2 Pendidikan Kluarga Pemahaman yang menyeluruh terhadap literasi ekonomi keluarga memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga. Berdasarkan penelitian mengenai Program Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang diketahui bahwa pembelajaran dalam modul ekonomi berperan penting dalam meningkatkan literasi ekonomi keluarga penerima manfaat. Kegiatan Pembelajaran menggunakan modul ekonomi menunjukkan hasil bahwa modul ini berhasil meningkatkan kemampuan KPM dalam menyusun anggaran menabung dan mengelola keuangan secara lebih efektif. Modul ini juga membantu mengurangi ketergantungan pada utang dan meningkatkan kesadaran pengelolaan keuangan yang lebih bijak. Keberhasilan program dipengaruhi oleh partisipasi aktif KPM dukungan fasilitator PKH dan lingkungan sosial yang mendukung. Meskipun demikian tantangan seperti keterbatasan waktu dan variasi tingkat pemahaman peserta tetap menjadi kendala. Secara keseluruhan modul ini memperkuat literasi ekonomi keluarga yang berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan mereka. Evaluasi dan monitoring yang konsisten diperlukan untuk memastikan efektivitas program bersama dengan kerjasama berbagai pihak dan penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan literasi ekonomi keluarga lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik dalam pengumpulan menggunakan adalah wawancara observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk sumber data penelitian ini adalah ibu-ibu peserta kegiatan pembelajaran P2K2 yang disebut sebagai Keluarga Penerima Manfaat disingkat menjadi KPM serta pendamping sosial PKH sebagai fasilitator kegiatan pembelajaran menggunakan modul ekonomi dalam P2K2. Untuk analisis data pengelompokkan dan pengumpulan data yang telah didapatkan dengan pengkodean (reduksi data) kemudian penampilan data yang dipilih (penyajian data) dan verifikasi data yang harus dilakukan dalam penarikan kesimpulan. Program berjalan dengan dukungan pendamping PKH sebagai fasilitator dan lingkungan sosial yang mendukung praktik keuangan yang lebih baik. Namun beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu perbedaan pemahaman antar peserta belajar dan perkembangan teknologi masih perlu diperhatikan. Untuk itu Saran yang bisa disampaikan peneliti adalah agar program P2K2 dapat memaksimalkan penggunaan teknologi informasi seperti aplikasi keuangan sederhana yang akan sangat membantu KPM dalam menerapkan literasi ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. sehingga program P2K2 dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan literasi ekonomi keluarga secara lebih efektif dan mengikuti perkembangan zaman.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |