Habib, Muhamad Rafi Irawan (2024) Kepemimpinan ketua pusat kegiatan belajar masyarakat sebagai motivator dalam pembelajaran masyarakat (studi kasus pada pusat kegiatan belajar masyarakat Papua Sejahtera Kabupaten Manokwari). / Muhamad Rafi Irawan Habib</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kepemimpinan pada satuan pendidikan merupakan suatu upaya mempengaruhi segenap sumber daya manusia yang dimiliki agar bekerja sesuai tugas dan fungsinya untuk mencapai tujuan satuan pendidikan secara efektif dan efisien sehingga peserta didik dapat belajar dengan lebih baik. Penelitian ini difokuskan 1) Pemimpin yang fleksibel dan inovatif di PKBM Papua Sejahtera 2) Pemimpin yang mampu mengelola dan mengorganisasi di PKBM Papua Sejahtera dan 3) Pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik dalam memastikan informasi tentang program pendidikan kepada masyarakat di PKBM Papua Sejahtera. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus serta menggunakan teknik analisis domain (domain analysis). Analisis domain pada hakikatnya adalah upaya peneliti untuk memperoleh gambaran umum tentang data untuk menjawab fokus penelitian. Metode pengambilan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi kepada informan yakni ketua PKBM Tutor Tata Usaha (TU) Operator Tokoh Masyarakat dan peserta didik. Sedangkan analisis data dilakukan dengan melalui analisis interaktif seperti yang diamanatkan oleh Miles dan Huberman (2014). Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi. Terkait fokus penelitian kepemimpinan ketua PKBM sebagai motivator dalam pembelajaran masyarakat dalam studi kasus pada PKBM Papua Sejahtera diperoleh temuan penelitian sebagai berikut (1) Ketua PKBM Papua Sejahtera telah mengadopsi pendekatan kepemimpinan demokratis yang memungkinkan partisipasi anggota dalam pengambilan keputusan sementara juga menunjukkan fleksibilitas dan tanggung jawab terhadap perubahan. Ketua terbukti melalui responsibilitasnya terhadap perubahan perilaku dan keterbukaan terhadap saran serta masukan menegaskan komitmennya terhadap pembelajaran yang adaptif dan berkelanjutan khususnya dalam konteks implementasi kurikulum merdeka dan pembelajaran secara daring maupun luring (2) Ketua PKBM Papua Sejahtera menerapkan kepemimpinan inovatif yang mengintegrasikan berbagai teori kepemimpinan termasuk pendekatan inklusif dan kolaboratif dalam pengambilan keputusan strategi delegasi tugas yang bijaksana serta penanganan situasi sulit dengan beragam strategi. Praktik-praktik ini mencerminkan adaptabilitas terhadap perubahan lingkungan dan kebutuhan karyawan sejalan dengan konsep kepemimpinan transformasional. Dengan demikian praktik kepemimpinan inovatif ketua PKBM tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan nonformal tetapi juga berdampak pada pengembangan masyarakat Papua secara keseluruhan (3) Kemampuan komunikasi yang baik dan efektif dimiliki oleh Ketua PKBM Papua Sejahtera menjadi elemen kunci dalam keberhasilan pengelolaan satuan pendidikan. Pendekatan komunikasinya yang inklusif beragam sarana komunikasi yang digunakan serta konsistensi dalam berkomunikasi memastikan informasi disampaikan dengan baik dan tepat waktu kepada warga PKBM. Sikap jujur transparan amanah dan pengertian yang ditunjukkan oleh ketua membangun dasar kepercayaan yang kuat yang kemudian membuka ruang bagi keterbukaan dan partisipasi positif dari anggota PKBM. Pendekatan holistik dalam menyampaikan informasi termasuk penggunaan berbagai media dan interaksi langsung membantu memastikan efektivitas komunikasi terutama dalam menghadapi perubahan atau ketidakpastian. Komunikasi yang efektif menjadi pendorong utama dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan partisipasi dan keberhasilan PKBM secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan saran-saran 1) ketua PKBM Papua Sejahtera adalah untuk memperkuat praktik kepemimpinan inovatif terutama dalam pengembangan komunikasi yang inklusif dan efektif serta dalam mendorong partisipasi aktif anggota 2) tutor PKBM Papua Sejahtera untuk terus mendukung praktik kepemimpinan inovatif dan komunikasi efektif serta memfasilitasi partisipasi aktif dan penerapan ide-ide kreatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan tutor dapat menjadi motor penggerak dalam menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan kolaboratif 3) kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manokwari disarankan memberikan dukungan yang lebih optimal kepada PKBM Papua Sejahtera mengingat peran strategis PKBM dalam menjangkau masyarakat yang belum terlayani pendidikan formal keberlangsungan program-program pembelajaran di PKBM sangat membutuhkan perhatian institusional yang berkelanjutan 4) Para tokoh atau pemuka masyarakat lokal di kabupaten Manokwari disarankan untuk lebih memperhatikan peran dan kontribusi PKBM Papua Sejahtera dalam pengembangan pendidikan di wilayah tersebut dengan memberikan dukungan moral sosial dan mungkin juga sumber daya finansial dan 5) Para peneliti selanjutnya disarankan untuk menjelajahi dampak konkret dari praktik kepemimpinan inovatif ketua PKBM Papua Sejahtera terhadap peningkatan kualitas pendidikan nonformal di wilayah tersebut dengan menganalisis motivasi partisipasi dan prestasi akademik warga belajar di PKBM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |