Penerapan model pembelajaran talking stick dan penggunaan audio-visual pembelajaran sebagai upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS-Ekonomi pada siswa kelas VIII MTs Negeri Kandat Kediri / Abdurrohman Alhabshy - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran talking stick dan penggunaan audio-visual pembelajaran sebagai upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS-Ekonomi pada siswa kelas VIII MTs Negeri Kandat Kediri / Abdurrohman Alhabshy

Alhabshy, Abdurrohman (2012) Penerapan model pembelajaran talking stick dan penggunaan audio-visual pembelajaran sebagai upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS-Ekonomi pada siswa kelas VIII MTs Negeri Kandat Kediri / Abdurrohman Alhabshy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci model pembelajaran Talking Stick audio-visual pembelajaran hasil belajar. Berdasarkan observasi pada tanggal 28 Januari 2012 yang dilakukan di MTs Negeri Kandat Kediri tampak bahwa kegiatan pembelajaran IPS-Ekonomi pada siswa kelas VIII-A masih berpusat pada guru. Guru masih menggunakan cara-cara lama yakni seperti ceramah tanya-jawab dan PR (Pekerjaan Rumah). Selain itu media pembelajaran yang cenderung dipakai adalah media papan tulis. Siswa hanya diminta untuk menghafal materi tanpa paham isi dari materi siswa kurang memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru dan menganggap pelajaran IPS-Ekonomi itu membosankan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti berupaya mengatasinya dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick yang dikolaborasi dengan audio-visual pembelajaran. Model Talking Stick ini akan mendorong siswa untuk lebih mengusai materi sedangkan audio-visual pembelajaran sebagai pendukung model Talking Stick yakni memberikan motivasi dan sebagai variasi di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS-Ekonomi siswa kelas VIII-A semester II MTs Negeri Kandat Kediri pada Topik Bahasan Ketenagakerjaan Sistem Ekonomi dan Pelaku Ekonomi Indonesia melalui pembelajaran model Talking Stick dan audio-visual pembelajaran mulai tanggal 28 Januari-03 Maret 2012. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes catatan lapangan dan angket. Untuk analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar kognitif siswa pada (1) siklus I setelah pre-test menunjukkan hasil belajar secara klasikal sebesar 6 25% dengan tingkat keberhasilan Kurang . Hasil post-test menunjukkan hasil belajar secara klasikal sebesar 50% dengan tingkat keberhasilan Cukup . Hal ini menunjukkan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 43 75% dari 6 25% menjadi 50%. (2) siklus II setelah pre-test menunjukkan hasil belajar secara klasikal sebesar 65 62% dengan tingkat keberhasilan Baik . Hasil post-test menunjukkan hasil belajar secara klasikal sebesar 90 62% dengan tingkat keberhasilan Baik sekali . Hal ini menunjukkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 25% dari 65 62% menjadi 90 62%. Hasil belajar afektif siswa pada siklus I dengan kategori B sebesar 80 76% dan pada siklus II dengan kategori A sebesar 96 15%. Hal ini menunjukkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 15 39% dari 80 76% mrnjadi 96 15%. Hasil respon siswa diketahui bahwa presentase tertinggi sebesar 71 9% pada indikator angket nomer 1 dan 4 sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII-A MTs Negeri Kandat merasa senang dengan diterapkannya model pembelajaran Talking Stick dan audio-visual pembelajaran selain itu adanya penerapan model ini juga meningkatkan belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan peneliti adalah sebagai berikut (1) Bagi siswa yang tidak mendapat giliran menjawab pertanyaan saat talking stick diberi tugas untuk menulis jawaban mereka sendiri di buku masing-masing sehingga kelas tetap tenang (2) Setiap akhir pertemuan senantiasa mengingatkan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya agar pada pertemuan berikutnya mereka bisa lebih siap (3) Berikan peraturan yang sekiranya bisa membuat mereka lebih disiplin seperti harus membawa buku pelajaran merangkum materi jika tidak bisa menjawab menggertak siswa yang ramai untuk menjelaskan materi dan lain-lain (4) Upayakan dalam pembuatan audio-visual pembelajaran membuat naskah dan storyboard yang dapat menarik perhatian siswa. Hal ini diikuti dengan alur program yang mudah diikuto dan dimengerti siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39076

Actions (login required)

View Item View Item