Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Malang / Kurnia Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Malang / Kurnia Puspitasari

Puspitasari, Kurnia (2012) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Malang / Kurnia Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemanfaatan perpustakaan sekolah minat baca hasil belajar Perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari lingkungan sekolah. Keberadaan perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Melalui penyediaan perpustakaan siswa dapat berinteraksi dan terlibat langsung baik secara fisik maupun mental dalam proses belajar. Selain itu keberadaan perpustakaan sekolah menjadi sarana penunjang untuk meningkatkan minat baca kegemaran membaca kebiasaan membaca dan budaya membaca siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Malang. (2) pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Malang. (3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian populasi sehingga subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Malang yang berjumlah 71 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif analisis statistik inferensial dengan analisis regresi linear berganda uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan secara parsial pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sig. t sebesar (0 000) 945 (0 05) dan t hitung (4 503) t tabel (1 668) analisis pengaruh minat baca terhadap hasil belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig. t sebesar (0 001) 945 (0 05) dan t hitung (3 653) t tabel (1 668). Sedangkan secara simultan pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig. F sebesar (0 000) 945 (0 05) dan F hitung (21 222) F tabel (3 132). Selain itu dari hasil analisis regresi besar R Square adalah 0 384. Berdasarkan hasil analisis dapat di simpulkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Malang. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Malang. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Malang variabel-variabel tersebut secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Malang. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1) bagi sekolah diharapkan pihak sekolah memperluas atau menambah lagi gedung perpustakaan melalui kerjasama dengan orang tua murid sehingga gedung perpustakaan dapat ideal dengan jumlah siswa di SMA Negeri 4 Malang. (2) bagi guru bidang studi khususnya bidang studi ekonomi diharapkan mengadakan proses belajar yang melibatkan perpustakaan sekolah dengan menugaskan siswa berkunjung ke perpustakaan menugaskan siswa untuk menjawab soal-soal materi mata pelajaran Ekonomi yang bersumber dari buku-buku paket Ekonomi yang ada di perpustakaan dan menugaskan siswa untuk mencari informasi tambahan di perpustakaan terkait dengan mata pelajaran Ekonomi untuk memperkaya pengetahuan. (3) bagi guru pustakawan diharapkan memperbanyak koleksi bahan pustaka yang beragam khususnya yang berkaitan dengan mata pelajaran Ekonomi yang disesuaikan dengan kebutuhan menyelenggarakan pameran buku di sekolah memperpanjang jam buka perpustakaan dan mengadakan bimbingan membaca. (4) Bagi orang tua diharapkan menyediakan bahan bacaan yang beragam dan bermanfaat di rumah meluangkan waktunya untuk membaca buku atau menemani putra-putrinya membaca buku memberikan pengertian kepada putra-putrinya untuk rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah. (5) bagi siswa diharapkan siswa dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan sekolah yang sudah tersedia seperti melakukan kegiatan berkunjung ke perpustakaan membaca bahan pustaka meminjam bahan pustaka di perpustakaan mengerjakan tugas dan mencari informasi. (6) bagi peneliti selanjutnya hendaknya meneliti variabel lain yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca. Selain itu apabila peneliti selanjutnya ingin meneliti hal yang sama diharapkan dapat menyempurnakan dan menambahkan hal-hal yang masih kurang dari penelitian ini dengan cara menambahkan kajian teori sub variabel dan indikator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39073

Actions (login required)

View Item View Item